Kompas.com - 14/08/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan dengan warna menenangkan seperti biru tak hanya menjadikan elemen dekorasi yang menarik, tapi juga dapat memberikan dampak positif pada pikiran.

Mathew White, dosen senior di University of Exeter, Inggris, dan seorang psikolog lingkungan dengan BlueHealth—sebuah program yang meneliti manfaat kesehatan dan kesejahteraan dari ruang biru di 18 negara, mengatakan banyak proses yang terjadi di otak ketika dikelilingi  ruang biru, sama dengan ruang hijau, dengan beberapa manfaat tambahan. 

Baca juga: Alasan Biru Menjadi Warna Terbaik untuk Kamar Tidur

Nada biru dapat diperoleh melalui penggunaan warna cat atau beberapa aksesori untuk membantu menciptakan lingkungan yang lebih tenang. 

Pada Januari 2021, B&Q mengungkapkan bahwa mereka melihat peningkatan penjualan cat biru selama pandemi, dengan penjualan meningkat 36 persen tahun ke tahun.

Peritel DIY juga bermitra dengan ahli psikologi desain interior, Niki Schafer, untuk memberikan cara meremajakan rumah dengan warna baru. 

Baca juga: 4 Tips Menata Sofa Berwarna Biru

Schafer mengatakan ijau dan biru adalah warna yang sangat menenangkan karena menurunkan tekanan darah.

Nuansa ini bekerja sangat baik di kamar tidur atau sebagai warna aksesori di dapur. Biru juga bisa meningkatkan produktivitas serta tambahan bagus untuk ruang kerja dan tempat gym di rumah.

Nah, dilansir dari Good Housekeeping, Minggu (14/8/2022), berikut cara mengaplikasikan warna biru pada ruangan. 

Baca juga: Benarkah Warna Cat Biru Langit Bisa Memberi Ketenangan?v

Hiasi dinding

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru.
Jika mengaplikasikan warna cat biru di seluruh dinding ruangan, ada banyak pilihan nada yang bisa dipilih.

Nuansa biru dan abu-abu dapat membangkitkan kenangan seperti berada di pantai dan bekerja dengan baik di ruangan yang mendapatkan cukup banyak cahaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.