Kompas.com - 13/08/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan umum bahwa dinding ruangan sempit sebaiknya dicat dengan warna terang. Warna gelap hanya akan membuat ruangan sempit semakin terlihat sempit.

Sementara itu, warna terang akan memberikan kesan lapang pada ruangan sempit. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya pilihan, terutama jika yang ingin Anda ciptakan adalah suasana.

Ternyata, Anda tetap bisa mengecat dinding ruangan sempit dengan warna gelap. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang nyaman pula.

Baca juga: 4 Jenis Warna Cat Tembok yang Bagus untuk Kamar Tidur Sempit

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna biru.

“Ketika Anda mengecat ruangan kecil dengan warna gelap, itu semua tentang menciptakan suasana hati,” kata Karen Asprea, desainer interior dan direktur Whitehall Interiors di New York City, seperti dikutip dari Reader's Digest, Sabtu (13/8/2022).

“Jika Anda ingin menciptakan sudut baca yang akrab dan nyaman, atau tempat untuk bersantai di penghujung hari, itu sempurna," imbuh Asprea.

Warna gelap yang dapat diaplikasikan pada dinding ruangan sempit yang nyaman adalah warna abu-abu tua dan warna cokelat, saran Asprea. Pertahankan suasana dengan lampu sconce dinding sebagai lawan dari lampu di atas kepala, yang bisa menciptakan silau jika semuanya gelap.

Cermin antik seperti cermin dengan bingkai perunggu atau logam hitam dapat menambah kedalaman ruang.

Baca juga: 7 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas

“Sangat menyenangkan memiliki permukaan reflektif di ruangan kecil,” ungkap Asprea.

Untuk menyatukan ruangan, bereksperimenlah dengan furnitur yang menampilkan motif yang menyenangkan, seperti yang bermotif bunga atau geometris, yang mengambil warna dinding. Atau pilih furnitur putih dengan bantal yang memberi aksen warna.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.