Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperpanjang Usia Pakai Panci dan Wajan Antilengket

Kompas.com - 01/08/2022, 10:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak antilengket sering digunakan di banyak dapur rumah. Sebab, perlengkapan ini serbaguna dan mudah digunakan.

Akan tetapi, dilansir Southern Living, Senin (1/8/2022), jika ingin memiliki peralatan masak antilengket yang bertahan lebih lama, inilah yang perlu Anda lakukan untuk memperpanjang masa pakainya.

1. Pilih bahan yang tepat 

Wajan dan panci antilengket tidak semuanya dibuat sama rata. Peralatan masak ini datang dalam berbagai bahan yang berbeda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Ini 5 Tanda Peralatan Masak Harus Segera Diganti

Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket.

Bahan-bahan ini termasuk pilihan seperti keramik dan bahkan porselen, tetapi bahan ini cukup halus dan dapat pecah, tergores, atau bahkan pecah dengan penggunaan berat. Teflon dikenal sebagai pilihan pelapis antilengket yang tahan lama, seperti juga batu. 

Namun demikian, bahan teflon mudah tergores, dan kemampuan antilengketnya akan cepat hilang jika tergores.

Beberapa panci antilengket adalah bahan campuran sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari beberapa jenis. Misalnya, Anda mungkin menemukan panci yang memiliki interior keramik dan eksterior batu.

2. Rawat dengan lembut

"Hanya gunakan peralatan lunak seperti sendok kayu dan spatula karet tahan panas," kata Ann Ziata, koki di Institute of Culinary Education.

Baca juga: Tips Merawat Alat Masak Antilengket

Peralatan logam akan menggores lapisan antilengket. Gunakan  peralatan masak yang permukaannya lembut seperti sendok kayu, spatula silikon, nilon, atau bahkan plastik.

Menggunakan alternatif-alternatif ini akan memperpanjang umur panci antilengket dan membuatnya antilengket lebih lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com