Kompas.com - 27/07/2022, 23:00 WIB

KOMPAS.com - Herbisida adalah senyawa yang digunakan untuk mengendalikan gulma pada lahan budidaya. Jenis herbisida sangat beragam, salah satu yang populer yaitu herbisida kontak.

Herbisida kontak cukup mudah dijumpai di pasaran. Anda bisa mendapatkannya di toko pertanian atau membeli secara online.

Namun, apa sebenarnya herbisida kontak? Simak ulasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Baca juga: Catat, Ini 6 Jenis Herbisida untuk Mengendalikan Gulma

Mengenal herbisida kontak

Berdasarkan keterangan di Cybex Kementerian Pertanian, Rabu (27/7/2022), herbisida kontak adalah herbisida yang secara langsung bisa mematikan jaringan atau bagian gulma yang terkena herbisida ini. Herbisida jenis ini diketahui bisa bereaksi cepat dan efektif.

Biasanya, hebisida ini digunakan untuk mengatasi gulma yang masih jikau dan sistem perakaranya tidak luas. Bahan aktif dari hebrisida ini hampir tidak akan ditranslokasikan ke jaringan lain.

ilustrasi aplikasi herbisida Laura Arias ilustrasi aplikasi herbisida

Jika pun ada, maka bahan tersebut ditranslokasikan lewat phloem. Hal tersebut dikarenakan herbisida kontak hanya mematikan bagian yang terkena bahan aktif saja.

Sayangnya, rotasi pengendalian menggunakan jenis herbisida ini sangat singkat. Pasalnya, pertumbuhan gulma di area budidaya relatif cepat.

Baca juga: Mengenal Herbisida Sistemik, Cara Aplikasi, dan Contohnya

Herbisida kontak membutuhkan dosis dan pelarut yang besar agar bahan aktifnya bisa menjangkau seluruh permukaan gulma. Pasalnya, herbisida ini akan efektif apabila mengenai seluruh bagian gulma.

Cara kerja herbisida kontak lainnya yaitu menghasilkan radikal hidrogen peroksida yang memecah membran sel dan merusak seluruh konfigurasi sel. Umumnya, herbisida ini akan efektif menyerang bagian yang mempunyai daun dan aktif berfotosintesis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.