Kompas.com - 01/07/2022, 14:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSisir plastik mudah mengalami kotor. Kotoran ini tak lain berasal dari debu dan kulit mati kepala yang menempel pada rambut. 

Selain itu, residu sampo dan kondisioner akibat tidak membilas rambut dengan benar dapat membuat sisir koto. Untungnya, membersihkan sisir plastik yang kotor sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Disadur dari Love to Know, Jumat (1/7/2022), berikut cara membersihkan sisir plastik.

Baca juga: Cara Membersihkan Sisir Rambut dengan Baking Soda

Alat dan bahan yang dibutuhkan 

  • Sisir plastik
  • Sikat gigi bekas
  • Sisir dengan ujung runcing
  • Gunting
  • Handuk
  • Sabun cuci piring
  • Air
  • Pengering rambut (opsional). 

Baca juga: 3 Bahan Dapur untuk Membersihkan Sisir, Ada Cuka Apel 

Hilangkan debu dan rambut rontok

Ilustrasi sisir.SHUTTERSTOCK / Svetlana Chugaeva Ilustrasi sisir.

Siapkan sisir yang ingin dibersihkan dan gunakan sisir berujung runcing untuk menarik semua debu dan rambut rontok yang berada di pangkal sisir.

Jika ada rambut rontok yang sulit dihilangkan, gunakan gunting. Cobalah mengangkat sebanyak mungkin debu serta rambut rontok pada sisir plastik.

Baca juga: Sisir Rambut Juga Harus Dibersihkan, Begini Caranya

Bersihkan kotoran dan minyak

Setelah membersihkan debu dan rambut rontok, saatnya membersihkan kotoran dan minyak yang tersisa.

Ambil sikat gigi, celupkan ke dalam air sabun, dan gosok setiap celah pada sisir plastik untuk membantu melonggarkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang menempel. 

Baca juga: Sisir Rambut Sudah Kotor? Bersihkan Pakai Cuka Putih

Rendam, sikat, dan keringkan sisir

Selanjutnya, mengisi ember dengan air hangat, tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring, aduk menjadi air sabun, dan rendam sisir selama 10-30 menit.

Sembari merendam sisir, jangan lupa menggosok kembali setiap celah sisir. Jika setiap celah sudah benar-benar bersih, bilas sisir dengan air bersih.

Setelah itu, rentangkan handuk pada permukaan yang rata. Letakkan sisir plastik di atasnya dan biarkan sisir mengering dengan sendirinya. Jika ingin buru-buru mengeringkan, gunakan pengering rambut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.