Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati saat Menggunakan Gula untuk Gulma dan Rumput, Mengapa?

Kompas.com - 20/06/2022, 08:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Orang-orang lebih sering menggunakan gula untuk menambah cita rasa makanan dan minuman agar lebih manis.

Namun, beberapa juga memanfaatkan salah satu bahan dapur ini untuk menyuburkan tanaman dan area kebun. Pendiri Urban Organic Yield, Lindsey Hyland, mengatakan bahwa mereka juga bisa membasmi gulma.

Baca juga: Manfaat Gula di Rumah, Segarkan Bunga Potong hingga Membersihkan Noda

CEO Outstanding Foods yakni Bill Glaser menambahkan dalam Homes and Gardens, Senin (20/6/2022), gula juga dapat membatasi pertumbuhan gulma.

Gula memang tidak membunuh gulma secara langsung, tetapi mendorong perkembangan mikroba yang memperkaya tanah. Jadi, rumput akan lebih mudah untuk tumbuh daripada spesies tanaman invasif.

Ilustrasi gula bubuk atau icing sugar, biasa digunakan untuk baking. SHUTTERSTOCK/ Dream79 Ilustrasi gula bubuk atau icing sugar, biasa digunakan untuk baking.

“Gula akan membantu memecah lapisan rumput mati dan bahan organik lainnya yang dapat menumpuk di halaman siring waktu,” jelas Hyland.

Baca juga: Cara Membuat Booster Perangsang Bunga dan Buah, Pakai Micin dan Gula

Adapun lapisan rumput mati ini dapat mempersulit rumput baru untuk tumbuh. Jika menggunakan gula di kebun, mereka dapat membantu memecahnya dan meningkatkan kesehatan halaman.

Apakah gula bagus untuk rumput?

Pemilik Monson Lawn & Landscaping, Tom Monson, tidak menampik bahwa gula memiliki manfaat bagi halaman. Namun, kamu tetap harus hati-hati dalam menggunakannya.

“Gula menyebabkan akar rumput menyerap lebih banyak nitrogen dari tanah, yang mana ini dapat meningkatkan kehijauan halaman,” ujarnya.

Namun, jika rumahmu terletak jauh di belakang hutan, sebaiknya kamu menghindari gula karena mereka juga mendorong pertumbuhan jamur.

Baca juga: Cara Tepat Memberikan Larutan Gula untuk Menyuburkan Tanaman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com