Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Kucing Melindungi Pemiliknya seperti Anjing? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/06/2022, 18:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hill's Pet

JAKARTA, KOMPAS.com -  Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang setia dan menjaga pemiliknya. Tak heran, bila hal ini terkadang membuat iri pemilik hewan lainnya. 

Lantas, bagaimana dengan kucing? Kucing sering distereotipkan sebagai hewan yang angkuh dan menyendiri. Padahal, sama dengan anjing, kucing bisa sama protektifnya pada pemiliknya. 

Baca juga: Studi Ungkap Bagian Tubuh Kucing yang Suka Dielus dan Harus Dihindari

Sederhananya, kucing akan mencintai keluarga mereka jika keluarga atau pemilik mencintainya kembali.

Dilansir dari Hill's Pet, Minggu (19/6/2022), dalam sebuah studi terobosan yang diterbitkan pada 2011, para peneliti menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa hubungan kucing dan manusia hampir identik dengan ikatan khusus manusia. 

Anda mungkin tidak menyadari seberapa dekat kucing peliharaan memperhatikan di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan. 

Baca juga: Ketahui Ragam Manfaat Memelihara Kucing

Ilustrasi kucing Siam atau BurmaUnsplash/davidkhlr Ilustrasi kucing Siam atau Burma
Petful menyoroti seekor kucing yang melindungi seorang anak dari serangan anjing serta banyak kucing yang memperingatkan pemiliknya tentang keadaan darurat medis, termasuk kanker dan keracunan karbon monoksida.

Kucing menggunakan kemampuan pendengaran dan penciuman yang tajam untuk menjaga pemiliknya tetap aman. Lebih lanjut, kucing mencoba melindungi pemiliknya dari orang yang mereka anggap berbahaya.

Meski predator ganas, manusia bisa tampak besar dan menakutkan bagi beberapa kucing. Itu naluriah bagi kucing untuk mempertahankan wilayah mereka dan wilayah pemiliknya. 

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Kashmir, dari Karakter, Perawatan, hingga Sejarah

Walau menggemaskan membayangkan kucing peliharaan bergegas untuk menyelamatkan Anda, kucing mungkin tidak berpikir dengan cara yang sama tentang tindakan mereka.

Ahli perilaku hewan terkenal di National Geographic, John Bradshaw, memperingatkan terhadap kecenderungan orang untuk membayangkan bahwa kucing memiliki pikiran dan niat yang mirip dengan kita.

Jika kucing peliharaan mencoba melindungi Anda dari sesuatu (atau seseorang), mereka mungkin hanya mengikuti nalurinya. 

Ini adalah naluri hewan peliharaan untuk bereaksi ketika mereka mencium, mendengar, atau merasakan sesuatu yang aneh. Hal ini juga ada dalam DNA kucing untuk bertahan saat merasa ketakutan. 

Baca juga: Manfaat, Penyebab, dan Bahaya Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan 

Tanda-tanda kucing terlalu protektif

Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.Shutterstock/Xeniya Butenko Ilustrasi kucing, Ilustrasi kucing saling berkomunikasi.
Dalam beberapa kasus, kucing bisa menjadi protektif hingga agresif. Cobalah memperhatikan komunikasi nonverbal kucing sehingga Anda dapat menentukan apa yang menyebabkan sahabat bulu membela diri.

Untuk mengetahui apakah kucing terlalu protektif, ada beberapa tanda atau bahasa tubuh yang bisa diketahui, di antaranya mata melebar, telinga runcing ternyata seperti parabola, gerakan ekor yang tajam dan cepat, posisi jongkok, gigi atau cakar terbuka, mendesis, menggeram, atau melengking, serta menggigit atau menggaruk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com