Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boros Energi? Ini 5 Pengaturan AC yang Dapat Menghemat Listrik

Kompas.com - 19/06/2022, 17:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan AC secara rutin akan mengonsumsi biaya listrik yang tidak sedikit, terlebih jika memiliki unit AC lebih dari satu.

Sebenarnya, saat menjalankan AC, ada beberapa pengaturan yang dapat menjadi solusi untuk menghemat listrik. Pengaturan seperti kecepatan kipas dan timer dapat membantu mendinginkan ruangan dengan lebih efisien sehingga menurunkan tagihan listrik.

Nah, dilansir dari The Spruce, Minggu (19/6/2022), berikut beberapa pengaturan pada unit AC yang dapat menghemat listrik. 

Baca juga: 6 Kesalahan Penggunaan AC yang Membuat Tagihan Listrik Melonjak 

Pengaturan kipas

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Banyak unit AC menawarkan tiga pengaturan kipas, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Pengaturan tinggi biasanya paling efektif untuk pendinginan selama cuaca hangat normal.

Namun, ketika sangat lembap, lebih baik menjaga kipas tetap rendah. Ini mendinginkan paling efektif karena mengedarkan udara lembap secara perlahan dan mantap melalui AC sehingga menghilangkan kelembapan udara dengan lebih efisien. 

Baca juga: 6 Pedoman Perawatan AC yang Perlu Diketahui

Arahkan ventilasi AC

Jika ventilasi diarahkan sepenuhnya ke satu sisi, ubah agar menghadap ke tengah ruangan. Ini membantu mengarahkan udara dingin keluar ke dalam ruangan.

Namun, apabila udara diarahkan ke bagian belakang sofa atau gorden, sebagian besar daya pendinginannya terbuang sia-sia. 

Baca juga: 5 Alasan Harus Mengganti Unit AC Indoor dan Outdoor Secara Bersamaan

Gunakan fungsi kipas otomatis dan penghemat energi

Cara standar menyetel unit AC adalah menyesuaikan suhu (menggunakan dial hangat ke dingin atau tampilan suhu digital) dan pengaturan kipas sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, unit modern menawarkan cara mendinginkan rumah secara efektif sambil menggunakan lebih sedikit energi.

Cari tombol yang bertuliskan otomatis, penghemat energi, dan bereksperimenlah dengan pengaturan ini untuk melihat apakah AC masih memenuhi kebutuhan Anda. Jika demikian, Anda akan menghemat energi dengan menggunakan fungsi-fungsi ini. 

Baca juga: 5 Tanda AC Telah Memasuki Usia Akhir Penggunaan 

Periksa filter

Figure 1Ilustrasi AC Dok. SHUTTERSTOCK Figure 1Ilustrasi AC

Jika filter berdebu atau kotor, AC tidak akan beroperasi seefisien yang seharusnya. Artinya, Anda menghabiskan jumlah uang yang sama untuk AC yang bekerja lebih sedikit.

Selain itu, mendapatkan lebih sedikit pendinginan dan keausan ekstra pada unit AC dapat merusaknya. Banyak unit modern memiliki lampu indikator yang menyala ketika saatnya untuk membersihkan filter.

Namun, jika menurut Anda, unit AC tidak berfungsi baik, pemeriksaan langsung terhadap filter AC akan memberi tahu apakah filter harus dibersihkan atau tidak.

Sebagai aturan praktis, periksa filter sebelum awal musim panas dan setidaknya sebulan sekali selama periode penggunaan reguler. 

Baca juga: 7 Cara Kreatif Mendinginkan Rumah Tanpa AC 

Setel pengatur waktu

Saat di luar panas, tidak ada yang lebih baik daripada pulang ke rumah yang ber-AC. Namun, apabila Anda pergi sepanjang hari, mungkin tampak berlebihan untuk menjalankan AC saat keluar.

Untuk itu, coba cari tombol pengatur waktu atau jam dan atur untuk jumlah waktu yang ingin Anda lewati sebelum unit menyala. 

Baca juga: 5 Tips Memasang, Merawat, dan Menggunakan AC Portabel agar Efisien

Misalnya, Anda meninggalkan rumah pada pukul 08:15 setiap hari dan pulang pada pukul 17:45. Sebelum pergi, atur waktu membuat AC tidak beroperasi selama sembilan jam.

Dengan demikian, AC Anda akan mati saat tidak ada orang di rumah, tetapi akan otomatis menyala selama perjalanan Anda pada pukul 17:15 sehingga mendinginkan rumah tepat pada waktu Anda kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com