Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ras Kucing Kashmir, dari Karakter, Perawatan, hingga Sejarah

Kompas.com - 19/06/2022, 13:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber PetMD

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlawanan dengan namanya, ras kucing Kashmir tidak ada hubungannya dengan wilayah barat laut anak benua India.

Faktanya, kucing yang santai ini dikembangkan di Amerika Utara. Mungkin kucing Kashmir mendapatkan namanya dari ras kucing Himalaya yang mirip dengannya karena Kashmir memang terletak dekat dengan Himalaya yang megah. 

Bila Anda berencana memelihara kucing, ras kucing Kashmir bisa menjadi pilihannya. Berikut sejumlah fakta kucing Kashmir yang perlu diketahui dilansir dari PetMD, Minggu (19/6/2022). 

Baca juga: 4 Jenis Cacing yang Sering Menginfeksi Kucing Peliharaan dan Gejalanya

Karakter fisik kucing Kashmir

Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.Shutterstock/sinangoksoy Ilustrasi kucing Himalaya atau kucing Kashmir.
Kashmir adalah ras kucing besar dengan tubuh pendek, montok, kaki pendek, dan wajah bulat. Selain itu, kucing Kashmir memiliki moncong yang pendek, tapi matanya besar dengan ekspresi manis serta ekornya berukuran sedang.

Kashmir juga mempunyai bulu yang panjang, tebal, dan berkilau. Umumnya, bulu kucing Kashmir terlihat dalam warna ungu atau cokelat, halus, dan lembut saat disentuh. 

Baca juga: Ketahui, 6 Masalah Kesehatan Ini Sering Menyerang Kucing Peliharaan

Kepribadian dan temperamen kucing Kashmir 

Kucing Kashmir memiliki sikap santai terhadap kehidupan. Ras kucing ini bisa hidup damai dan tenteram dengan baik di sebagian besar lingkungan, termasuk apartemen.

Selain itu, kucing Kashmir juga cerdas dan percaya diri. Namun, karena membenci kebisingan, kucing Kashmir tidak cocok tinggal dengan anak-anak yang lincah dan hewan peliharaan lainnya.

Kucing ini juga termasuk pemalas dan menghabiskan berjam-jam meringkuk di kursi berlengan menunggu untuk dibelai. Meski kurang aktif dibanding ras lain, kucing Kashmir menuntut perhatiannya dan suka bermain sesekali. 

Baca juga: Bahaya Cacingan pada Kucing dan Cara Mencegahnya 

Perawatan kucing Kashmir 

Memiliki bulu yang panjang dan halus, kucing Kashmir membutuhkan perawatan rutin. Cara terbaik adalah memulai rutinitas perawatan kucing sejak dini, termasuk pembersihan mata secara teratur.

Menyisir bulu kucing secara menyeluruh dengan sisir bergigi lebar setiap hari serta berikan perhatian khusus pada kaki atau ekornya.

Karena kucing Kashmir memiliki bulu yang panjang, benda asing seperti semak berduri dan rumput dapat tersangkut pada bulunya. Tarik keluar dengan hati-hati.

Selain itu, bulu yang panjang juga mudah kusutdan sehingga perlu mengurangi dengan hati-hati menggunakan jari.

Penting juga menghilangkan semua kusut sebelum memandikan kucing. Bilas secara menyeluruh dengan air dan sampo dan keringkan bulunya setelah selesai. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Mengobati Kucing Cacingan

Kesehatan kucing Kashmir 

Ilustrasi kucing Himalaya dengan warna bulu abu-abu yang memiliki tampilan mirip dengan kucing Kashmir.Shutterstock/Riana Ambarsari Ilustrasi kucing Himalaya dengan warna bulu abu-abu yang memiliki tampilan mirip dengan kucing Kashmir.

Meski umumnya kucing Kashmir memiliki kesehatan yang bagus dan dapat hidup selama 20 tahun, ras kucing ini rentan terhadap infeksi mata dan iritasi.

Halaman:
Sumber PetMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com