Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Membiarkan Kucing Peliharaan Bermain di Luar Rumah

Kompas.com - 14/06/2022, 08:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kucing peliharaan tentu memberi kesenangan tersendiri dan membuat rumah selalu seru. 

Namun, terus berada di dalam rumah terkadang membuat kucing peliharaan merasa bosan. Bagaimana pun, sama dengan manusia, kucing juga membutuhkan hiburan guna mengusir kebosananan. 

Baca juga: Ingin Memelihara Kucing di Apartemen? Perhatikan 4 Hal Ini

Karena itu, perlu mengajak kucing peliharaan sesekali bermain di luar rumah. Sayangnya, ada beberapa pemilik kucing yang merasa khawatir membawa sahabat bulunya ke luar rumah. 

Selain kotor, mereka khawatir sahabat bulu terkena penyakit dari luar dan mendapat ancaman dari kucing atau hewan lainnya. 

Namun, apakah perlu membiarkan kucing peliharaan bermain di luar rumah? Apakah hal tersebut lebih aman dan sehat daripada mengurungnya di dalam rumah atau sebaliknya? 

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (14/6/2022), berikut plus minus membiarkan kucing peliharaan bermain di luar rumah. 

Baca juga: Mengenal Kucing Calico yang Memiliki Banyak Warna pada Bulunya

Kucing rumahan terlindungi dari bahaya

Ilustrasi kucing.PIXABAY / Aleš Háva Ilustrasi kucing.

Kucing rumahan cenderung hidup lebih lama daripada kucing luar ruangan. UC Davis School of Veterinary Medicine mengungkapkan, kucing rumahan dapat hidup sekitar 10-15 tahun, bukan hanya dua hingga lima tahun.

Kucing di luar ruangan rentan mengalami banyak bahaya, dari parasit, penyakit, mobil, racun, hingga predator dan hewan lainnya. 

Memelihara kucing di dalam rumah dapat melindungi kucing dari potensi bahaya tersebut. Selain itu, menghindari kucing tersesat atau diambil orang lain.

Baca juga: Alasan Kucing Menggoyangkan Pantatnya Sebelum Menerkam 

Memberi kesempatan kucing berolahraga 

Membiarkan kucing peliharaan bermain di luar rumah memang cukup riskan. Selain risiko bahaya yang sudah dijelaskan di atas, membiarkan kucing peliharaan bermain di luar rumah dapat mengganggu kehidupan satwa liar di alam.

Meski berbahaya, membiarkan kucing peliharaan bermain di luar rumah rupanya memiliki beberapa keuntungan bagi sahabat bulu.

Mulai dari, kucing memiliki ruang yang lebih luas untuk berlari dan olahraga, mendapatkan udara lebih segar, terpapar sinar matahari langsung, hingga mencium aroma yang baru dan menarik.

Baca juga: Perlukah Menjauhkan Mangkuk Makanan Kucing dari Mangkuk Air?

Boleh bermain di luar, tetapi...

Ilustrasi kucing makan rumputPEXELS/Alex Bargain Ilustrasi kucing makan rumput

Kucing peliharaan tetap bisa menikmati nuansa luar ruangan dengan memberikannya area duduk di ambang jendela yang terkena sinar matahari.

Namun, jika tetap ingin mengizinkan sahabat bulu bermain di luar rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatannya, salah satunya mengajarinya berjalan-jalan di luar rumah bersama Anda menggunakan harness atau tali.

Apabila memiliki bujet lebih, beli atau buatlah catio, yakni kandang kucing berukuran besar yang dibuat khusus untuk area luar ruangan.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Mengedipkan Salah Satu Matanya

Selanjutnya, pastikan selalu mengontrol pemberian obat kutu dan cacing hati. Selaian itu, memberi tahu dokter hewan langganan bahwa kucing peliharaan menghabiskan waktu di luar rumah agar dokter bisa melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan.

Sepanjang kucing peliharaan dibiarkan bermain di luar rumah, kamu harus selalu mengawasi mereka. Paling penting, terlepas dari membiarkan kucing bermain di luar atau tidak, kamu harus selalu memastikan keamanan dan kesehatan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com