Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membeli Wadah Penyimpanan Makanan Hewan Peliharaan

Kompas.com - 17/06/2022, 14:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan kering anjing dan kucing harus disimpan sebaik mungkin dalam wadah yang paling cocok dengan keadaan makanan tersebut.

Jika tidak, kualitas makanan kering tersebut akan menurun, bahkan tidak bisa dikonsumsi lagi. Untuk itu, perlu mempertimbangkan membeli wadah makanan yang baik untuk menyimpan makanan kering anjing dan kucing.

Wadah ini akan memberi perlindungan ekstra dan memperpanjang usia makanan. Namun, sebelum membeli wadah penyimpanan makanan hewan peliharaan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti dilansir dari Cuteness, Jumat (17/6/2022). 

Baca juga: 5 Tanda Sebaiknya Ganti Makanan Kucing

Ukuran

Ilustrasi kucing makan, mangkok makanan kucing. SHUTTERSTOCK/MIK ULYANNIKOV Ilustrasi kucing makan, mangkok makanan kucing.
Wadah penyimpanan makanan yang terlalu besar dapat membuat makanan kedaluwarsa sebelum mencapai bagian bawah.

Namun, wadah makanan kecil tidak muat menampung satu kantong makanan atau semua isinya. Jadi, pertimbangkan tidak hanya ukuran wadah, tetapi juga ukuran kantong makanan yang dibeli serta ukuran anjing atau kucing yang mempengaruhi seberapa banyak makanan yang dibutuhkan. 

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Nutrisi Seimbang pada Makanan Anjing

Segel

Segel kedap udara adalah suatu keharusan mutlak karena itu adalah salah satu hal utama yang membuat makanan hewan peliharaan tetap kering dan segar.

Sementara Food and Drug Administration (FDA) atay Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat merekomendasikan menyimpan kantong makanan asli dalam wadah daripada mengosongkan isinya langsung ke dalam wadah. 

Apabila tidak muat, Anda harus merapatkan segel wadah tersebut. Cari opsi kedap udara seperti segel paking atau sekrup di atas. 

Baca juga: 3 Makanan Kucing Berdasarkan Tahap Kehidupan

Bahan

Ilustrasi anjing makan.Shutterstock/Javier Brosch Ilustrasi anjing makan.
Plastik, kaca, dan baja tahan karat adalah material yang paling umum yang digunakan untuk wadah makanan hewan peliharaan.

Semuanya berfungsi dengan baik. Namun, jika memilih wadah plastik, carilah plastik yang food grade dan bebas BPA. Selain itu, cari wadah yang mudah dicuci dengan sabun dan air. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing yang Tepat

Portabilitas

Beberapa wadah penyimpanan makanan kucing memiliki roda, sementara yang lain memiliki pegangan yang mudah dibawa untuk membuatnya lebih portabel.

Portabilitas bukanlah faktor paling penting, tetapi dapat membantu beberapa wadah menonjol dan membuatnya lebih mudah digunakan atau lebih nyaman dibawa untuk bepergian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com