Kompas.com - 28/05/2022, 10:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir dalam beragak ras, kucing juga memiliki kebutuhan makan, serta perawatan yang berbeda juga. Kucing berbulu panjang dan pendek, tentu memiliki perawatan bulu yang berbeda.

Misalnya, kucing Siam, yang memiliki bulu pendek tidak membutuhkan banyak perawatan daripada kucing ras bulu panjang seperti persia. 

Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (28/5/2022) faktanya, menyisir bulu kucing setiap minggu, membersihkan telinga secara teratur, dan memotong kuku adalah hal yang dibutuhkan oleh kucing Siam. 

 

Baca juga: Ragam Perawatan yang Perlu Dilakukan Ras Kucing Berbulu Panjang

Akan tetapi, jangan ragu untuk menyisir bulu k

Ilustrasi ras kucing Siam atau Siamese. PIXABAY/ANDREAS LISCHKA Ilustrasi ras kucing Siam atau Siamese.
ucing Anda hanya untuk bersenang-senang, karena bagaimanapun juga, dia suka dimanja.

Terlalu berlebihan self-grooming

Sementara itu, dokter hewan Tito Suprayoga, dari Muezza Petcare menjelaskan, semua kucing umumnya dikenal untuk kebersihannya. Kucing menghabiskan setidaknya lima jam sehari untuk merawat diri (self-grooming).

"Meskipun perawatan ini umum dilakukan pada semua kucing, kucing siam cenderung lebih sering menjilati dirinya sendiri dan kadang berlebihan. Aktivitas self-grooming yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan terbentuknya hairball dikarenakan kucing akhirnya menelan lebih banyak bulu dan tidak dapat tercerna atau dikeluarkan melalui kotoran," jelasnya dalam keterang tertulis yang diterima oleh Kompas.com.

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan kucing memiliki kebiasaan self-grooming yang berlebihan.

Baca juga: Mengapa Kucing Mengendus Pantat Satu Sama Lain?

Mikrobioma di usus kucing memainkan peran penting dalam sistem kekebalan, dengan 70 persen sel kekebalan terletak di usus.

Ketika mikrobioma kucing tidak seimbang, sensitivitasnya yang berlebihan terhadap lingkungan dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit kucing. Hal tersebut menyebabkan kucing akan menjilati kulitnya secara berlebihan dan dapat menghasilkan masalah hairball.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.