Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Kucing Bisa Mengenali Nama Kucing Lain di Lingkungannya

Kompas.com - 23/05/2022, 20:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang memilih memelihara lebih dari satu kucing di rumahnya untuk membuat hunian lebih ramai dan sahabat bulu memiliki teman.

Setiap kucing tersebut memiliki nama panggilan tersendiri untuk membedakan satu sama lain serta memudahkan pemberian makan atau mengajaknya bermain.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Menatap Pemiliknya yang Sedang Tidur

Rupanya, nama-nama kucing bisa dikenali oleh sahabat bulu. Kucing bisa membedakan dan mengetahui nama kucing lain yang berada di lingkungannya.

Disadur dari Martha Stewart, Senin (23/5/2022), sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Nature pada 13 April 2022 bertajuk “Cats Learn the Names of Their Friend Cats in Their Daily Lives” mengungkapkan, kucing mampu mengenali nama-nama kucing lainnya.

Bahkan, kucing peliharaan juga dapat mengetahui nama-nama manusia yang tinggal satu rumah dengannya. 

Para peneliti dari Kyoto University, Jepang, mengobservasi kucing yang tinggal di area dengan beberapa kucing lainnya, termasuk kucing peliharaan dan kucing di kafe kucing

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit 

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Peredniankina Ilustrasi kucing Ragdoll.
Selama penelitian, para peneliti menunjukkan foto kucing yang tinggal satu rumah atau kafe yang sama kepada para kucing yang diteliti.

Saat gambar sedang ditampilkan, para peneliti memutar rekaman suara pemilik kucing yang menyebutkan nama kucing lain yang sebenarnya, lalu nama kucing lain yang tidak dikenal.

Para peneliti menemukan bahwa kucing peliharaan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat foto ketika pemiliknya menyebut nama yang salah dan tidak mengenal foto kucing yang ditampilkan daripada ketika nama asli teman kucing mereka dipanggil. 

Para peneliti menghipotesiskan bahwa perilaku ini menunjukkan kucing yang diteliti mengalami kebingungan.

Lebih lanjut, para peneliti mencatat, kucing yang telah tinggal bersama keluarganya lebih lama menunjukkan durasi perhatian paling lama saat nama dan wajah kucing lain dalam foto tidak cocok. Sebaliknya, kucing yang tinggal di kafe kucing tidak menunjukkan jeda waktu yang sama.

Baca juga: Alasan Kucing Menyembunyikan Kaki di Bawah Tubuhnya

Kucing peliharaan lebih mengenal nama kucing lain

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami bagaimana kucing mempelajari asosiasi nama dengan wajah ini.

Namun, para peneliti memiliki beberapa hipotesis mengapa kucing peliharaan menunjukkan jeda lebih lama saat foto-foto kucing lain yang tinggal di sekitarnya ditampilkan.

Mereka percaya, kucing di kafe kucing lebih mungkin mendengar nama yang berbeda dipanggil oleh tamu yang berbeda. Walhasil, mereka lebih sulit mengetahui kucing mana yang memiliki nama tertentu.

Baca juga: Lebih Aktif pada Malam Hari, Apakah Kucing Termasuk Hewan Nokturnal?

Sementara itu, kucing rumah cenderung belajar dengan melihat pemiliknya memanggil satu atau dua nama lain sepanjang hari.

“Ditambah lagi, jumlah kucing yang tinggal bersama mungkin memiliki pengaruh. Sebab, lebih banyak kucing berarti lebih sedikit kesempatan mempelajari hubungan nama dan identitas kucing tertentu,” tulis para peneliti dalam studi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com