Kompas.com - 26/05/2022, 22:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim panas dapat membuat siapa pun merasa kurang nyaman karena teriknya matahari dapat membuat keringat terus bercucuran tanpa henti.

Tidak hanya manusia, anjing peliharaan pun dapat merasa kepanasan jika derajat suhu terlalu tinggi. Tentunya, kamu tidak ingin mengajak mereka jalan-jalan jika cuaca sedang panas.

Baca juga: Waspada, Ini Tanda-tanda Anjing Kelebihan Berat Badan

Suhu yang terlalu tinggi memiliki risiko medis bagi sahabat bulu. Dikutip dari The Spruce Pets, Kamis (26/5/2022), anjing dapat mengalami heatstroke—masalah yang serius dan dapat menyebabkan kematian jika diabaikan.

Disadur dari Kompas.com, Sabtu (14/5/2022), heatstroke adalah kondisi pada tubuh akibat cuaca panas karena tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan.

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Shutterstock/Burin P Ilustrasi anjing Labrador Retriever.

Suhu badan dapat meningkat dengan cepat hingga 41 derajat celsius dalam 10-15 menit, dan tubuh sudah tidak bisa lagi mengeluarkan keringat.

Oleh karena itu, penting halnya untuk mengetahui derajat suhu yang dapat membuat anjing kepanasan agar kamu bisa mengambil langkah antisipatif bagi hewan peliharaan.

Suhu yang terlalu panas untuk anjing

Beberapa anjing mirip dengan beberapa manusia. Mereka dapat menyesuaikan diri untuk terpapar suhu yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Akan tetapi, jika suhu di luar ruangan lebih dari 25 derajat celsius, kamu perlu memikirkan apakah anjing terpengaruh oleh panas atau tidak.

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna

Suhu jalanan bisa jauh lebih panas daripada udara jika terkena sinar matahari langsung tanpa angin dan kelembapan rendah. Dengan demikian, bantalan kaki anjing bisa terbakar meski udara tidak terasa panas.

Trotoar bisa memiliki suhu 4-15 derajat lebih panas dari suhu udara. Jadi, berdiri di tanah yang panas bisa menyebabkan luka bakar dalam 60 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.