Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Anjing dari Rumah

Kompas.com - 07/04/2022, 17:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki anjing peliharaan di rumah memberi kesenangan dan mengusir kebosanan. Namun, anjing peliharaan bisa membuat rumah menjadi berbau.

Tentu saja, hal ini membuat rumah tak nyaman dan terkesan tak terawat. Apalagi, bau anjing merupakan bau paling buruk dari yang muncul di rumah dan sulit menghilangkannya. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Anjing di Dalam Rumah

Terkadang sulit memperhatikan bau anjing di rumah jika Anda sudah terbiasa dengannya. Namun, tamu yang berkunjung akan merasakan bau tersebut dengan mudah.

Parahnya, bau yang tidak menyenangkan ini dapat meresap ke dalam furnitur, karpet, dan lantai, yang mengakibatkan masalah jangka panjang.  

Untungnya, Bruce Vance, ahli kebersihan profesional dari Town & Country Cleaning Services mengatakan bau anjing jauh lebih mudah dihilangkan daripada bau kucing.

Nah, untuk menjaga rumah tetap segar, berikut lima tips menghilangkan bau anjing dari rumah dilansir dari Family Handyman, Kamis (7/4/2022). 

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Amis di Freezer  

Uap karpet 

Ilustrasi membersihkan karpetShutterstock/Lucky Business Ilustrasi membersihkan karpet
Vance mengatakan menguap atau mengvakum karpet adalah salah satu cara menghilangkan bau anjing.

Berbagai steamer karpet genggam di pasaran menggabungkan air hangat, larutan pembersih, dan daya isap untuk menghilangkan bau anjing yang bersarang jauh di dalam serat karpet.

Untuk menggunakan steamer karpet genggam, isi dengan air hangat dan larutan (jika ada), lalu jalankan di atas area yang berbau.

Beberapa steamer karpet membutuhkan produk pembersih, sementara yang lain hanya menggunakan air. Anda dapat membuat larutan pembersih sendiri dengan mencampurkan beberapa sendok makan cairan pencuci piring dengan air panas.

Pastikan karpet benar-benar kering, kira-kira satu atau dua jam dibersihkan, sebelum menentukan apakah perlu dilakukan pengulangan kedua.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Aman untuk Anjing Peliharaan

Sapu dan pel dengan larutan cuka

Untuk lantai kayu atau permukaan keras lainnya, Chyrle Bonk, dokter hewan, merekomendasikan penyapuan yang baik, diikuti dengan mengepel lantai menggunakan larutan cuka.

Cuka putih bertindak sebagai pewangi serta menetralkan bau. Untuk melakukkannya, sapu lantai kayu terlebih dulu, lalu buat campuran cuka putih dan air dengan perbandingan, dan masukkan campuran ke botol semprot atau ember.

Setelah itu, semprotkan atau tuangkan sedikit larutan ke lantai, lalu pel lantai secara menyeluruh. 

Baca juga: 7 Jenis Bau di Rumah yang Bisa Dihilangkan dengan Baking Soda

 

Taburkan baking soda

Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.Unsplash/Ben MCleod Baking soda memiliki banyak kegunaan, dari membersihkan perabotan hingga meredakan gatal-gatal kulit.
Baking soda bereaksi dengan bau asam, seperti dari urine anjing, menjadikannya penetral yang bagus untuk bau baru atau lama. Ini bisa sangat berguna untuk pelapis atau kain 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com