Kompas.com - 26/05/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pohon tetangga yang tumbuh melewati batas rumah memang bisa menjadi masalah serius. Terlebih bila tetanggamu membiarkan pohonnya tumbuh tanpa perawatan.

Menebang atau memangkas dahannya mungkin bisa menyelamatkan rumah atau anak-anak dari kecelakaan akibat dahan yang patah. Namun, bila sembarangan bisa merusak hubungan dengan tetangga.

Oleh karena itu, melansir dari Problem Neighbours, Kamis (26/5/2022) berikut cara menangani pohon tetangga yang melewati batas serta potensi bahayanya jika tak diatasi.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Buah Mangga Pecah di Pohon

Potensi bahaya pohon yang melewati batas tanpa perawatan

Pohon yang tak terawat akan menciptakan banyak masalah. Mulai dari daun-daun yang beterbangan menyumbat talang air dan membuat halaman kotor.

Juga bisa menutupi akses cahaya masuk ke dalam halaman. Sehingga membuat rumah terasa gelap dan lembab, lalu bisa menyebabkan jamur berada di dinding-dinding rumah.

Selain itu, pohon yang tumbuh tak terawat juga bisa menimbulkan bahaya. Contohnya saja jika ada angin kencang atau torpedo, batang-batang pohon bisa saja jatuh.

Batang-batang yang jatuh ini tentu dapat merusak rumah atau furnitur yang kamu pasang di halaman. Bahayanya lagi, kalau batang-batang tersebut sampai menimpa orang-orang tersayang.

Baca juga: Cara Mencangkok Pohon Sirsak dengan Media Air

Cara menangani pohon tetangga yang melewati batas

Ilustrasi pohon tetangga melewati batasUNSPLASH/Gus Ruballo Ilustrasi pohon tetangga melewati batas

Kalau kamu takut jika ada yang terluka karena batang-batang pohon yang tumbuh liar. Berikut cara untuk mengatasinya.

Memangkas batang yang melewati batas

Ketika pohon tetangga melewati batas, kamu memang memiliki hak untuk memangkasnya. Namun, sebaiknya diskusikan hal ini dengan tetangga demi menjaga hubungan baik.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.