Kompas.com - 26/05/2022, 19:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak hanya gaya hidup dan desain rumah, ternyata merapikan rumah pun bisa dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan.

Merapikan rumah dengan cara yang ramah lingkungan dapat membuat hunian terasa lebih segar, sehat, dan menenangkan setelah dibersihkan sambil menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. 

Disadur dari Better Homes & Gardens, Kamis (26/5/2022), berikut beberapa tips merapikan rumah yang dapat menjaga lingkungan hidup sebagai berikut.

Baca juga: Ingin Merenovasi Kamar Mandi? Gunakan 5 Bahan Ramah Lingkungan Ini

Rapikan rumah dengan niat donasi atau daur ulang

IKEA merilis produk daur ulang sebagai komitmen kepedulian pada lingkunganIKEA IKEA merilis produk daur ulang sebagai komitmen kepedulian pada lingkungan

Langkah pertama merapikan rumah adalah dengan menyortir barang-barang untuk mengetahui mana yang masih dibutuhkan atau tidak.

Barang-barang yang masih dalam kondisi bagus, seperti pakaian, peralatan dapur kecil, buku, bahkan furnitur, dapat didonasikan kepada yang membutuhkan. 

Mendonasikan barang merupakan salah satu cara menjaga lingkungan hidup karena beberapa barang yang seharusnya bisa didaur ulang sering kali berakhir di tempat pembuangan sampah dan berkontribusi terhadap pemanasan global.

Baca juga: 4 Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Ramah Lingkungan

Gunakan produk yang berkelanjutan

Jika ingin membeli tempat sampah atau wadah untuk merapikan barang, carilah yang terbuat dari bahan daur ulang atau terbarukan seperti bambu, kapas, dan eceng gondok.

Kerry Keihn dari Earth Equity Advisors menjelaskan, fitur utama dari produk berkelanjutan adalah didesain untuk tahan lama.

“Ini menguntungkan lingkungan dengan mengurangi limbah dan bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang dapat diganti juga membuat segalanya lebih efisien bagi konsumen,” ujar Keihn. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.