Kompas.com - 26/05/2022, 21:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam pilihan kegiatan wisata untuk dinikmati, mulai dari jalan-jalan di tepi pantai, mendaki gunung, trekking di perbukitan, hingga berenang di air terjun.

Deretan kegiatan wisata alam ini tidak hanya bisa dinikmati oleh manusia, tetapi juga anjing peliharaan. Tidak jarang orang-orang mengajak sahabat bulu berkunjung ke destinasi wisata alam untuk rehat sejenak dari bisingnya perkotaan.

Baca juga: Ingin Menitipkan Anjing Peliharaan ke Pet Hotel? Siapkan 5 Hal Ini

Ada salah satu kegiatan wisata alam yang santai dan bisa dilakukan jika tidak ingin menguras energi, seperti naik perahu atau kapal untuk keliling danau, mengarungi sungai, atau ke tengah laut lepas.

Akan tetapi, jika ingin mengajak anjing peliharaan naik perahu, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan dan hal-hal yang wajib diperhatikan, seperti dilansir Daily Paws, Kamis (26/5/2022).

Ilustrasi anjing naik kapal atau perahu.SHUTTERSTOCK / Aleksey Boyko Ilustrasi anjing naik kapal atau perahu.

Persiapan mengajak anjing naik kapal

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan sejumlah hal sebelum mengajak sahabat bulu naik perahu dan mengarungi aliran air, seperti memiliki pelampung dan kotak P3K khusus anjing.

Kemudian mangkuk air dan makanan, camilan, mainan, tabir surya khusus anjing, tikar antiselip jika area duduk di perahu berbahan fiberglass, dan handuk.

Lebih lanjut, kamu pun perlu melatih anjing peliharaan agar familiar dengan situasi di dermaga. Saat berada di dermaga dan hendak naik kapal, kapal dapat bergerak dan mungkin membuat anjing takut.

Baca juga: 4 Hal yang Membuat Anjing Senang Berguling-guling di Rumput

Tergantung pada anjingnya, mungkin cara paling aman untuk mengajak anjing naik dan turun dari perahu adalah dengan menggendongnya.

Saat berada di perahu, selalu periksa keadaan anjing untuk memastikan mereka ingin diajak jalan-jalan dan merasa nyaman dengan pengalaman tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Paws
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.