Kompas.com - 24/05/2022, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pet shop atau tempat penjualan kebutuhan hewan peliharaan turut menyediakan pet hotel atau tempat penitipan hewan. Ini cukup membantu lantaran tidak perlu lagi mencari tempat penitipan hewan peliharaan. 

Akan tetapi, bila melihat dari faktor keamanan hayati atau biosecurity pada hewan dan manusia, pet shop dan pet hotel sebaiknya harus terpisah.

Baca juga: Ini Ketentuan Perawatan Saat Menitipkan Hewan Peliharaan di Pet Hotel

Hal ini disampaikan Zulfikar Basrul Gandong, dokter hewan sekaligus selaku Animal Welfare Advisor for Indonesia, Calon Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Ambon. 

Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.SHUTTERSTOCK / Olga Aniven Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.

Pet shop dan pet hotel perlu dipisahkan karena pet hotel adalah tempat untuk hewan-hewan yang sehat, bebas penyakit, vaksinasinya oke, dan bebas parasit, cacing, atau kutu,” tuturnya kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022).  

Sementara itu, pet shop adalah toko yang menjual pakan, obat, dan aksesori hewan peliharaan,.

Untuk itu, ujar Zulfikar, sebaiknya pet hotel dan pet shop harus terpisah, terlebih di pet shop orang sering berlalu-lalang.

Baca juga: 3 Tips Memilih Tempat Penitipan Anjing yang Baik dan Tepat

“Mereka bisa membawa beberapa virus dan bakteri, bisa dibilang kalau pet shop tidak steril. Ada beberapa orang yang cuma beli pakan, tetapi bawa hewan peliharaan,” kata dosen luar biasa program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Belum lagi, hewan peliharaan yang dibawa ke pet shop belum tentu benar-benar sehat. Jika terjadi kontak dengan staf pet shop, lalu staf mengurus hewan di area penitipan, hewan-hewan yang sedang dititipkan bisa tertular penyakit.

Soal keamanan hayati, dikutip dari News Medical Life Sciences, Selasa (24/5/2022), adalah istilah yang mengacu pada tindakan untuk menghentikan penyebaran atau masuknya organisme berbahaya ke kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. 

Dalam hal memisahkan pet hotel dengan pet shop, langkah ini merupakan contoh penerapan keamanan hayati guna menjaga kesejahteraan serta kesehatan hewan-hewan yang dititipkan.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Menatap Pemiliknya yang Sedang Tidur

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.