Kompas.com - 23/05/2022, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang memilih memelihara lebih dari satu kucing di rumahnya untuk membuat hunian lebih ramai dan sahabat bulu memiliki teman.

Setiap kucing tersebut memiliki nama panggilan tersendiri untuk membedakan satu sama lain serta memudahkan pemberian makan atau mengajaknya bermain.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Suka Menatap Pemiliknya yang Sedang Tidur

Rupanya, nama-nama kucing bisa dikenali oleh sahabat bulu. Kucing bisa membedakan dan mengetahui nama kucing lain yang berada di lingkungannya.

Disadur dari Martha Stewart, Senin (23/5/2022), sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Nature pada 13 April 2022 bertajuk “Cats Learn the Names of Their Friend Cats in Their Daily Lives” mengungkapkan, kucing mampu mengenali nama-nama kucing lainnya.

Bahkan, kucing peliharaan juga dapat mengetahui nama-nama manusia yang tinggal satu rumah dengannya. 

Para peneliti dari Kyoto University, Jepang, mengobservasi kucing yang tinggal di area dengan beberapa kucing lainnya, termasuk kucing peliharaan dan kucing di kafe kucing

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit 

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Peredniankina Ilustrasi kucing Ragdoll.
Selama penelitian, para peneliti menunjukkan foto kucing yang tinggal satu rumah atau kafe yang sama kepada para kucing yang diteliti.

Saat gambar sedang ditampilkan, para peneliti memutar rekaman suara pemilik kucing yang menyebutkan nama kucing lain yang sebenarnya, lalu nama kucing lain yang tidak dikenal.

Para peneliti menemukan bahwa kucing peliharaan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat foto ketika pemiliknya menyebut nama yang salah dan tidak mengenal foto kucing yang ditampilkan daripada ketika nama asli teman kucing mereka dipanggil. 

Para peneliti menghipotesiskan bahwa perilaku ini menunjukkan kucing yang diteliti mengalami kebingungan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.