Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 24/05/2022, 07:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya tanaman hias yang dapat ditanam di halaman rumah. Anda pun selalu dapat menanam tanaman obat di rumah, baik di halaman rumah maupun di pot di dalam ruangan.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (24/5/2022), tanaman obat alias tanaman biofarmaka lebih biasa dikenal dengan sebutan TOGA atau Tanaman Obat Keluarga. Tanaman obat mengandung senyawa aktif atau bahan alami tertentu yang diyakini baik untuk kesehatan tubuh.

Setiap jenis tanaman mungkin memiliki “komposisi” senyawa yang berbeda satu sama lain, sehingga manfaatnya juga mungkin bervariasi antar satu tanaman obat dengan yang lain.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Tumbuh dan Ditanam di Rumah

Ilustrasi jahe. SHUTTERSTOCK/PILIPPHOTO Ilustrasi jahe.

Umumnya setiap bagian dari tumbuhan obat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan khasiatnya, mulai dari daun, batang, buah, kulit, biji, akar, hingga umbi atau rimpangnya.

Bagian tanaman tersebut dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti dimakan mentah, digunakan sebagai bumbu dapur, obat oles, hingga diracik menjadi jamu minum.

Ada beberapa tanaman obat yang mudah ditanam di rumah, berikut penjelasannya.

1. Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat yang populer digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan obat tradisional.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Berkhasiat Meredakan dan Menyembuhkan Migrain

Jahe mengandung senyawa aktif kuat gingerol yang mampu mengatasi masalah pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing karena vertigo, hingga mengurangi sakit akibat nyeri haid serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik.

Gingerol juga dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com