Kompas.com - 23/05/2022, 21:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comTangga merupakan area tinggi lalu lintas manusia sehingga mereka perlu dibersihkan secara rutin.

Jika tidak, permukaan anak tangga tanpa terasa licin dan berdebu sehingga orang-orang yang melewatinya berisiko tergelincir jika tidak hati-hati.

Baca juga: Plus Minus Menggunakan Tangga Putar di Rumah, Apa Saja?

Lebih lanjut, tangga yang dibuat dengan material kayu keras harus dibersihkan guna mencegah kayu melengkung, retak, dan terlihat kusam.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin (23/5/2022), untuk tangga berbahan kayu keras atau kayu solid, cara pembersihannya cukup mudah meski harus dilakukan dengan hati-hati. Simak selengkapnya.

Membersihkan tangga kayu keras

Ilustrasi tangga.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi tangga.

  • Bersihkan kotoran terlebih dulu

Sebelum mulai mengepel tangga kayu keras, mulailah dengan membersihkan kotoran kering pakai sapu atau penyedot debu. Jika dibiarkan, mereka dapat menggores permukaan kayu.

  • Siapkan produk pembersih dan mulai pel tangga

Director of Franchise Operations di Two Maids & A Mop, Kathy Cohoon, menyarankan untuk menggunakan larutan pembersih khusus material kayu yang nantinya dicampur dengan air hangat.

Alternatifnya, campurkan satu bagian cuka putih dengan 10 bagian air hangat di dalam ember. Celupkan kain pel dan peras hingga lembap.

Baca juga: 6 Kesalahan saat Membangun Anak Tangga yang Harus Dihindari

“Pel setiap anak tangga satu per satu, tanpa membuat permukaan terlalu basah. Pastikan untuk sering mengisi ulang larutan pembersih karena kamu tidak ingin mengepel tangga dengan air kotor,” ujar Cohoon.

  • Bersihkan sudut-sudut anak tangga

Selama mengepel permukaan anak tangga, jangan lupa untuk mengepel seitpa sudutnya menggunakan sikat jenis angled brush, atau sikat gigi biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.