Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2022, 18:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasa bahwa rumah terasa sangat panas selama musim panas serta terlalu dingin saat cuaca dingin?

Hal ini bisa terjadi karena hunian tidak memiliki insulasi. Insulasi dapat mempertahankan suhu dalam rumah tetap stabil dan membantu menghemat penggunaan listrik pada musim panas karena tidak perlu menyalakan AC.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Dapat Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Selain itu, insulasi juga dapat menjaga rumah terasa cukup hangat sepanjang cuaca dingin.

Lantas, apa itu insulasi dan bagaimana cara menggunakannya di rumah? 

Disadur dari Green Match, Kamis (19/5/2022), insulasi adalah pelapis yang dapat membantu menjaga suhu dalam rumah tetap stabil atau nyaman sepanjang tahun serta melindungi rumah dari cuaca dingin dan panas. 

Insulasi juga berguna mengurangi polusi suara. Rumah yang diinsulasi dengan baik dapat menghemat penggunaan energi serta biaya listrik. 

Insulasi dapat diterapkan paatap, lantai, dinding, atau jendela dan pintu. Namun, dinding merupakan yang paling penting untuk diinsulasi.  

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Memilih Kanopi Jendela yang Tepat untuk Rumah

Cara kerja insulasi

Ilustrasi insulasi rumah.SHUTTERSTOCK / Patryk Kosmider Ilustrasi insulasi rumah.

Untuk lebih memahami bagaimana insulasi bekerja, ada tiga mekanisme dasar terkait dengan aliran panas seperti dijelaskan dalam situs resmi  Department Energi Amerika Serikat, yakni konduksi, konveksi, dan radiasi.

Konduksi adalah cara panas bergerak melalui benda seperti sendok dalam secangkir kopi panas dapat menghantarkan aliran panas tersebut pada gagang sendok. 

Konveksi adalah cara panas bersirkulasi melalui cairan dan gas. Ini sebabnya udara yang lebih ringan dan hangat naik, sementara udara yang lebih dingin dan padat turun. 

Sedangkan radiasi adalah panas bergerak dalam garis lurus dan memanaskan apa pun yang padat di jalurnya, yang menyerap energinya.

Terlepas dari mekanismenya, panas mengalir dari daerah yang lebih panas ke daerah lebih dingin hingga tidak ada lagi perbedaan suhu.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Keuntungan Memiliki Rumah Bertenaga Surya

Insulasi terbuat dari apa?

Ilustrasi insulasi rumah.SHUTTERSTOCK / Bilanol Ilustrasi insulasi rumah.

Insulasi terbuat dari material dan kualitas yang berbeda, tetapi umumnya insulasi yang baik terdiri atas produk berstruktur mirip dengan wol. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com