Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Membersihkan Gelas yang Berkabut

Kompas.com - 06/05/2022, 13:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun sudah dicuci, gelas kaca bersih yang disimpan di lemari seringkali meninggalkan efek berkabut di permukaannya.

Gelas yang berkabut tak hanya merusak penampilan gelas, tetapi juga membuat gelas terlihat kotor seperti belum di cuci.

Baca juga: Cara Membuat Gelas Kaca yang Menguning Jadi Kinclong Tanpa Disikat

Penyebab Gelas Berkabut

Melansir dari Martha Stewart, Jumat (5/5/2022), permukaan gelas kaca bening yang berubah menjadi buram bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Jika kamu tinggal di area dengan air keras, kabut pada gelas biasanya merupakan endapan dari mineral di air.

Kabut ini juga bisa muncul akibat dari air lunak yang menyebabkan korosi. Selain karena endapan air, kabut pada gelas juga bisa disebabkan oleh goresan saat gelas dicuci ke dalam mesin pencuci piring.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Gelas kaca Kusam Kembali Kinclong

Tips agar Gelas Tidak Berkabut

Ilustrasi gelas kaca. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi gelas kaca.

Salah satu cara untuk menghindari kabut pada gelas adalah dengan tidak menggunakan mesin pencuci piring untuk mencucinya. Cuci gelas dengan sabun lembut, bilas hingga bersih dan keringkan.

Untuk mengetahui apakah kabut pada gelas diakibatkan oleh air, coba gunakan handuk kecil yang sudah diberikan sedikit cuka putih. Lap gelas dengan handuk, jika kabut gelas mulai hilang berarti kabut disebabkan oleh kesadahan air.

Jika kaca masih keruh meskipun sudah di lap dengan cuka, kemungkinan penyebabnya adalah korosi air lunak yang tak dapat lagi dibersihkan.

Baca juga: Gunakan Cuka untuk Bersihkan Keran dan Gelas Keruh, Begini Caranya

Kamu bisa mencoba membersihkan penumpukan kabut yang disebabkan oleh ion kalsium dan magnesium dalam air sadah dengan menyeka kaca menggunakan aseton.

Setelah diseka dengan aseton, gosok gelas perlahan dengan deterjen. Selain itu coba rendam gelas dalam larutan cuka selama 15 menit juga ampuh untuk mengatasi kabut pada gelas kaca.

Jika kamu tetap ingin menggunakan mesin pencuci piring meskipun kamu tinggal di area dengan air lunak, sebaiknya pastikan gelas aman untuk dicuci dengan mesin pencuci piring.

Setelah siklus pencucian selesai, buka pintu untuk memastikan uap air keluar dan biarkan gelas dingin sebelum mengeluarkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com