Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Cara Terbaik Membasmi Rayap dari Rumah

Kompas.com - 06/05/2022, 12:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap menjadi salah satu hama paling mengganggu dan merusak rumah.

Seperti diketahui, keberadaan rayap dapat menyebabkan kerusakan rumah yang sangat besar seperti menghancurkan fondasi rumah serta menggerogoti struktural kayu internal. 

Baca juga: 5 Cara Super Efektif Mengatasi Rayap di Furnitur Kayu

Selain itu, rayap juga bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari kayu seperti kusen pintu, jendela, tiang kayu, dan furnitur kayu lainnya. Akibatnya, kayu menjadi lapuk, busuk, hancur, serta menyebabkan kerusakan mahal. 

Namun, membasmi rayap dari rumah bukan hal mudah dan sedikit menegangkan. Tak heran, banyak penghuni rumah yang mencari tahu cara terbaik dan mudah menyingkirkan hama serangga ini.  

Dikutip dari My Decorative, Jumat (6/5/2022), berikut sejumlah cara membasmi rayap di rumah. 

Baca juga: Letakkan 3 Tanaman Ini untuk Singkirkan Rayap dari Rumah 

Memberi pestisida 

Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYING Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah.
Pestisida dapat menghilangkan rayap dari struktur bangunan atau material kayu lainnya. Banyak perusahaan pengendalian hama seperti Pest-Ex Pest Control Gold Coast masih menawarkan ini sebagai opsi dan menjadikannya sebagai alternatif yang lebih murah. 

Bifenthrin adalah pestisida umum yang masih digunakan di industri. Meski menghemat biaya sejak awal, ini bukan pilihan terbaik bagi pemilik rumah.

Membasmi rayap tampak seperti solusi tepat, tetapi itu tidak mengatasi masalah koloni rayap. Serangga ini cukup pintar menghindari area yang telah diberi pestisida.

Rayap melihatnya sebagai penghalang jalan dan menghindarinya sama sekali. Masalahnya adalah rayap akhirnya membangun koloni di tempat yang tidak inginkan dan itu ada di dalam rumah.

Tentu saja, ini akan membuat perbaikan rumah lebih mahal. Banyak perusahaan pengendalian hama terkemuka masih harus berurusan dengan masalah ini. 

Baca juga: 5 Tips Aman Melindungi Bangunan Rumah dari Ancaman Rayap 

Membuat hambatan fisik

Kode bangunan Australia mengamanatkan bahwa harus ada membran plastik atau logam di tembok bata. Ini bertindak sebagai penghalang atau pencegah rayap karena tidak ada celah di antara pelat.

Masalahnya, seiring waktu, retakan akan terbentuk secara alami dan rayap akhirnya menemukan celah untuk masuk.

Bahkan ada banyak lumpur yang dibuat rayap ditemukandi sekitar penghalang pelindung yang seharusnya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, hama telah mendapatkan akses ke properti dan menyebabkan kerusakan cukup besar. 

Baca juga: 8 Tips Membasmi Berbagai Hama di Rumah, dari Kecoak sampai Rayap 

Perawatan modern

Ilustrasi rayap.SHUTTERSTOCK/BEJITA Ilustrasi rayap.
Termidor adalah produk non pestisida yang digunakan perusahaan pengendalian hama terkemuka seperti Pest Ex. Ini mengandung bahan kimia yang disebut fipronil.

Termidor adalah produk slow release dan tidak membunuh rayap di tempat. Sebaliknya, ia berpindah dari rayap ke rayap lain sampai semua koloni terpengaruh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com