Kompas.com - 06/05/2022, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap menjadi salah satu hama paling mengganggu dan merusak rumah.

Seperti diketahui, keberadaan rayap dapat menyebabkan kerusakan rumah yang sangat besar seperti menghancurkan fondasi rumah serta menggerogoti struktural kayu internal. 

Baca juga: 5 Cara Super Efektif Mengatasi Rayap di Furnitur Kayu

Selain itu, rayap juga bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari kayu seperti kusen pintu, jendela, tiang kayu, dan furnitur kayu lainnya. Akibatnya, kayu menjadi lapuk, busuk, hancur, serta menyebabkan kerusakan mahal. 

Namun, membasmi rayap dari rumah bukan hal mudah dan sedikit menegangkan. Tak heran, banyak penghuni rumah yang mencari tahu cara terbaik dan mudah menyingkirkan hama serangga ini.  

Dikutip dari My Decorative, Jumat (6/5/2022), berikut sejumlah cara membasmi rayap di rumah. 

Baca juga: Letakkan 3 Tanaman Ini untuk Singkirkan Rayap dari Rumah 

Memberi pestisida 

Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYING Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah.
Pestisida dapat menghilangkan rayap dari struktur bangunan atau material kayu lainnya. Banyak perusahaan pengendalian hama seperti Pest-Ex Pest Control Gold Coast masih menawarkan ini sebagai opsi dan menjadikannya sebagai alternatif yang lebih murah. 

Bifenthrin adalah pestisida umum yang masih digunakan di industri. Meski menghemat biaya sejak awal, ini bukan pilihan terbaik bagi pemilik rumah.

Membasmi rayap tampak seperti solusi tepat, tetapi itu tidak mengatasi masalah koloni rayap. Serangga ini cukup pintar menghindari area yang telah diberi pestisida.

Rayap melihatnya sebagai penghalang jalan dan menghindarinya sama sekali. Masalahnya adalah rayap akhirnya membangun koloni di tempat yang tidak inginkan dan itu ada di dalam rumah.

Tentu saja, ini akan membuat perbaikan rumah lebih mahal. Banyak perusahaan pengendalian hama terkemuka masih harus berurusan dengan masalah ini. 

Baca juga: 5 Tips Aman Melindungi Bangunan Rumah dari Ancaman Rayap 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.