Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Idul Fitri, Ini 5 Tips Membersihkan Rumah Secara Menyeluruh

Kompas.com - 27/04/2022, 18:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan atau dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, salah satunya membersihkan rumah

Seperti diketahui, saat Lebaran nanti, rumah akan menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara, apalagi bila Anda menjadi tuan rumah atau mengadakan open house. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Rutinitas Membersihkan Rumah Jadi Ramah Lingkungan

Untuk itu, rumah harus bersih, rapi, dan terawat agar memberi kenyamanan serta membuat saudara dan tamu yang berkunjung betah. 

Menyambut Lebaran ini, sebaiknya membersihkan rumah secara menyeluruh. Pembersihan menyeluruh tidak hanya membersihkan dan menyegarkan rumah, tetapi juga menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna serta membersihkan area-area yang sulit dijangkau. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Rabu (27/4/2022), berikut tips membersihkan rumah secara mendalam menyambut Idul Fitri. 

Baca juga: 6 Dekorasi Idul Fitri untuk Suasana Rumah yang Lebih Hangat dan Meriah 

Buat daftar pekerjaan 

Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membersihkan rumah, produk pembersih rumah.
Sebelum mulai membersihkan rumah, buat daftar area dan barang-barang yang perlu dibersihkan sehingga membantu Anda memeriksa apa yang telah dilakukan dan belum dikerjakan. 

Pindahkan furnitur 

Membersihkan rumah secara menyeluruh menfokuskan Anda pada ruang dan area yang biasanya terlewatkan dibersihkan seperti area belakang furnitur, di bawah karpet, dan sudut-sudut rumit rumah.

Dengan demikian, membuat rumah bersih dan bebas debu, bahkan jamur, sehingga membuat udara di rumah lebih baik serta bersih untuk dihirup.

Untuk menjaga aliran udara yang sehat ini, Anda juga dapat berinvestasi pada pembersih udara HEPA untuk menyaring bakteri dari udara. 

Baca juga: Tips agar Rumah Tetap Bersih dan Rapi Saat Ditinggal ART Mudik  

Singkirkan barang-barang yang tidak lagi berguna

Selain membersihkan, merapikan rumah juga dapat meningkatkan tampilan rumah pada Lebaran nanti sekaligus menjaga kesehatan mental Anda.

Decluttering mengacu pada proses memilah barang-barang dan menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan atau berguna. 

Untuk itu, rapikan lemari pakaian, produk kecantikan, laci sampah, rak buku, dan dapur untuk membantu menjaga rumah tetap bersih, rapi, serta teratur saat Idul Fitri nanti. 

Menyingkirkan barang-barang sebelum memulai membersihkan rumah secara mendalam akan membuat segalanya lebih mudah dilakukan karena Anda memiliki lebih sedikit barang. 

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Apa Saja? 

Bersihkan ruangan satu per satu 

Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK Ilustrasi membersihkan rumah.
Membersihkan rumah secara menyeluruh bisa menjadi tugas menakutkan, terutama jika hunian memiliki banyak anggota.

Cara terbaik mengatasinya adalah fokus pada satu ruangan pada satu waktu. Mulailah dengan membersihkan dapur, kemudian pindah ke ruang tamu, ruanga keluarga, kamar tidur, dan kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com