Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengah Tren, Ini 4 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Furnitur Melengkung

Kompas.com - 25/04/2022, 23:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendesain ruangan apa pun, memilih furnitur yang terlihat bagus adalah perhatian utama, tetapi memiliki furnitur yang terasa bagus bisa dibilang lebih penting.

Selain itu, kenyamanan juga menjadi hal terpenting saat memilih furnitur. Dalam laporan Pinterest dan Zillow, furnitur dengan potongan melengkung baru-baru ini disebut sebagai tren desain teratas. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Tamu Kecil

Furnitur dengan sudut membulat, tepi lembut, dan bentuk melengkung banyak bermunculan di pengecer furnitur, dari barang mewah kelas atas hingga merek murah. 

Gaya furnitur melengkung seperti sofa melengkung dan meja aksen melingkar membantu memberi ketenangan dengan mengimbangi dimensi kotak ruangan serta memberi mata tempat alami untuk beristirahat.

Daya tarik furnitur melengkung bermuara pada psikologi sederhana, yakni otak kita secara inheren tertarik pada bentuk melingkar dan garis lengkung, yang terkait dengan keamanan dan ketenangan.

Baca juga: 6 Tips Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah dan Gaya Hidup 

Di sisi lain, benda tajam dan bentuk runcing menandakan bahaya serta dapat memicu respons ketakutan dan kecemasan.

Untuk merangkul ketenangan di ruang keluarga, berikut tips mendekorasi ruangan dengan furnitur melengkung yang tengah menjadi tren dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (25/4/2022). 

Baca juga: 5 Furnitur yang Harus Disingkirkan dari Ruang Kecil

Pilih furnitur melengkung dengan warna menenangkan 

Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu. Shutterstock/Anymayy Ilustrasi furnitur melengkung, Ilustrasi sofa melengkung, ilustrasi ruang tamu.
Tingkatkan kualitas menenangkan dari furnitur melengkung dengan memilih warna yang terasa sama menenangkannya. Lihatlah alam untuk mendapatkan inspirasi dan bawalah warna yang mengingatkan pada bumi, hutan, atau langit.

Terapkan warna-warna ini melalui furnitur melengkung dengan memadukannya bersama dinding, perawatan jendela, lantai, dan hal lainnya dengan nada yang tenang. 

Baca juga: 5 Tips Aman Membeli Furnitur Restorasi Secara Online

 

Bentuklah susunan furnitur melingkar 

Dapatkan tampilan kohesif dengan penataan furnitur yang mengikuti kontur furnitur melengkung Anda.

Untuk kelompok tempat duduk yang santai, rakit furnitur dalam lingkaran longgar di sekitar titik pusat. Misalnya, di ruang tamu, letakkan sofa melengkung dan dua kursi melingkari meja kopi bundar untuk menciptakan pengaturan furnitur nyaman untuk percakapan. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Furnitur yang Harus Dimiliki di Kamar Mandi

Campur dalam tekstur alami 

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi furnitur di ruang tamu. Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi furnitur di ruang tamu.
Bentuk melengkung sering muncul di alam, jadi meminjam elemen lain dari luar adalah cara alami melengkapi tren ini.

Gabungkan tekstur alami dengan furnitur dan aksesori yang terbuat dari material alami seperti kayu, batu, dan serat alami. Gabungkan berbagai tekstur kasar, halus, nubby, dan lembut untuk menciptakan kembali keseimbangan yang ditemukan di alam. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Furnitur Ruang Tamu yang Tepat agar Nyaman

Ciptakan sudut yang nyaman 

Furnitur melengkung sangat ideal untuk ruang yang dirancang untuk relaksasi. Pilih kursi atau kursi malas dengan bantal mewah dan tepi bulat guna menyiapkan sudut yang nyaman untuk membaca atau bersantai.

Tambahkan beberapa tanaman hias, seni dinding, dan bantal yang nyaman untuk area pribadi yang damai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com