Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mengatur Furnitur di Sekitar Sofa Ruang Keluarga

Kompas.com - 21/04/2022, 07:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comRuang keluarga menjadi salah satu tempat menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, baik untuk mengobrol, menonton televisi, atau sekadar bersantai. 

Untuk itu, penting memiliki sofa yang nyaman guna menunjang semua kegiatan di ruang keluarga. Selain itu, posisi meletakkan sofa pun perlu diperhatikan agar kegiatan semakin nyaman. 

Baca juga: 3 Cara Meletakkan Sofa di Depan Jendela Tanpa Mengganggu Pemandangan

Meski material dan posisi sofa sudah tepat, ruang keluarga akan terasa hampa jika sofa dibiarkan sendiri tanpa dikelilingi furnitur lain untuk melengkapi tampilannya.

Disadur dari My Decorative, Kamis (21/4/2022), berikut tips mengatur area dan furnitur di sekitar sofa ruang keluarga agar terlihat menarik.  

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Bagus?

Meja kecil dan barang dekoratif

Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga.
Saat mendekorasi ruang keluarga, tentu ingin ruangan terlihat fungsional sekaligus menarik. Untuk area di sekitar sofa, tambahkan meja kecil di depan tempat duduk.

Lengkapi meja kecil dengan beberapa barang dekoratif, buku, atau majalah. Ini membuat para tamu yang berkunjung memiliki sesuatu untuk dilihat serta dibaca saat tengah menunggu.

Baca juga: Ingin Duduk dengan Nyaman? Jangan Peluk Bantal Sofa

Tempat duduk mengelilingi meja kopi

Jika memiliki lebih dari satu sofa, atau sofa dengan beberapa tempat duduk kecil, atur agar mereka mengelilingi meja kopi untuk menghadirkan area berbincang.

Kamu dapat mengatur sofa dan tempat duduk lainnya membentuk sebuah kotak atau lingkaran saat mengelilingi meja kopi.

Tambahkan beberapa kursi

ilustrasi ruang keluargaUnsplash/Spacejoy ilustrasi ruang keluarga
Apabila ruang keluarga hanya memiliki satu sofa, tambahkan sofa atau beberapa kursi kecil untuk memungkinkan para tamu atau anggota keluarga lain ikut mengobrol.

Baca juga: Ketahui, Ini Panduan Memilih Ukuran Sofa yang Tepat 

Atur sofa secara berjajar atau membentuk huruf L

Untuk menciptakan lebih banyak ruang di ruang keluarga, sebaiknya menata sofa secara berjajar sehingga memudahkan orang-orang untuk bergerak di dalam ruangan.

Jika memiliki dua sofa, tata membentuk huruf L. Letakkan salah satu sofa di dekat jendela atau dinding untuk menciptakan lebih banyak ruang.

Pengaturan sofa seperti ini juga memungkinkan para tamu mendapatkan akses visual yang lebih baik saat berada di ruang keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com