Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Manfaat Air Kelapa untuk Tanaman dan Cara Mengaplikasikannya

Kompas.com - 19/04/2022, 18:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air kelapa menawarkan banyak manfaat bagi tubuh karena kaya akan vitamin dan mineral. Namun, selain untuk manusia, air kelapa juga bermanfaat untuk tanaman.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Selasa (19/4/2022), dalam laporan yang diterbitkan Centro Escolar University of the Philippines, air kelapa sama efektifnya dengan pupuk cair komersial. 

Baca juga: Cara Membuat Racun Tikus Alami dari Singkong dan Air Kelapa

Studi lain menyebut bahwa mengaplikasikan air kelapa dapat meningkatkan ketersediaan hara tanah serta penyerapan NPK dan elemen tanaman penting lainnya sehingga menghasilkan peningkatan jumlah polong per pot dan hasil biji-bijian.

Selain itu, air kelapa juga membantu penumpukan nitrogen tanah, pelarutan fosfor tanah, dan kalium yang menghasilkan peningkatan penyerapan serta hasil nutrisi.

Laporan yang diterbitkan Natural Sciences and Science Education Academic Group, Singapura, menyebutkan air kelapa merupakan bahan tambahan yang penting dalam media kultur jaringan beberapa tanaman, termasuk anggrek dan tanaman obat. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Kelapa 

Air kelapa bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang karena muntah dan diare. Apakah air kelapa bisa membantu menurunkan demam?Unsplash/Towfiqu Barbhuiya Air kelapa bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang karena muntah dan diare. Apakah air kelapa bisa membantu menurunkan demam?
Sitokinin yang ditemukan di dalam air kelapa juga mendukung pembelahan sel serta mendorong pertumbuhan yang cepat.

Tak hanya itu, laporan lain mengungkapkan sumber mikroorganisme dari air kelapa dan tetes tebu memiliki komponen N, P, K, dan C sebesar 0,09, 0,04, 10,5, dan 1,74. 

Nah, berikut beberapa manfaat air kelapa untuk tanaman. 

Baca juga: Banyak Manfaat, Gunakan Air Kelapa untuk Menyiram Aglonema

  • Air kelapa mengandung asam giberelat yang membantu meningkatkan perkecambahan biji dan mempercepat perkembangan akar.
  • Air kelapa adalah sumber magnesium, kalsium, dan mineral yang bermanfaat memberikan dorongan tambahan dalam pertumbuhan tanaman.
  • Air kelapa mengandung hormon sitokinin yang dapat memicu tanaman untuk membelah sel-selnya menjadi tunas dan akar sehingga menghasilkan pertumbuhan yang lebih lebat. Satu laporan menyebut santan dan air yang merupakan cairan endosperma dapat merangsang pembelahan sel.
  • Air kelapa kaya akan mineral, vitamin, dan asam amino serta menawarkan dukungan nutrisi yang tidak terkontaminasi untuk pengembangan bakteri baik guna membantuk pertumbuhan tanaman.
  • Air kelapan adalah pupuk organik yang efisien, yang disediakan alam. 

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Kelapa untuk Membersihkan Area dan Benda di Rumah

Ilustrasi air kelapa. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi air kelapa.
Cara mengaplikasikan air kelapa untuk menyuburkan tanaman

  • Campurkan 50-100 mililiter air kelapa murni ke dalam satu liter air, kocok rata, dan gunakan untuk menyiram tanaman setiap dua sampai empat minggu sekali. Karena tingginya jumlah hormon pertumbuhan yang ada di dalamnya, pupuk alami ini akan membantu perkembangan akar tanaman ang lebih kuat dan menginduksi pertumbuhan dedaunan.
  • Selain itu, air kelapa dapat disemprotkan pada dedaunan tanaman hias, tanaman herbal, sayuran, tanaman semusim, dan tanaman berbunga untuk membuatnya subur serta lebat. Namun, hindari tanaman terkena sinar matahari langsung setelah mengaplikasikan air kelapa. 
  • Air kelapa juga dapat dioleskan ke bibit yang baru tumbuh untuk meningkatkan pertumbuhannya.
  • Menyediakan air kelapa untuk tanaman yang baru saja direpoting membantu mengurangi kejutan transplantasi. 

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Membersihkan Barang di Rumah

Air kelapa sebagai hormon rooting 

Lantaran mengandung auksin (hormon tanaman yang mengatur pertumbuhan), air kelapa dapat digunakan sebagai hormon perakaran yang sukses.

Menurut salah satu penelitian di Sri Lanka, air kelapa dapat digunakan untuk menyebarkan stek tanaman Ixora dan hasilnya positif. 

Untuk menggunakan air kelapa sebagai hormon perakaran, Anda perlu mencelupkan ujung stek tanaman ke dalam air kelapa selama lima hingga 15 menit sebelum ditanam untuk mendapatkan hasil optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com