Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Aneka Noda Membandel yang Menempel di Ubin

Kompas.com - 08/04/2022, 17:07 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemilihan ubin sebagai lantai selain untuk membuat rumah jadi lebih indah juga karena perwatannya yang mudah.

Cukup mengepelnya dengan air dan produk pembersih lantai, maka ubin akan kembali mengkilap.

Hanya saja, semudah apa pun perawatannya, membersihkan lantai ubin akan tetap melelahkan bila ada noda yang membandel. Sebab, membersihkan noda membandel akan membutuhkan tenaga ekstra.

Namun, berikut ini ada cara mudah membersihkan lantai ubin dari noda membandel yang bisa kamu coba, dikutip dari Express Flooring,  Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Tips Mengepel Lantai Layaknya Profesional

Cara membersihkan noda darah yang membandel

Bila noda membandel yang ada di lantai ubin akibat dari darah. Kamu bisa menggunakan larutan yng terbuat pembersih larutan dengan air hangat.

Caranya, tuangkan secangkir larutan pembersih lalu tambah dengan sepuluh cangkit air hangat. Selanjutnya kamu tinggal menuangkan larutan ke ubin yang ada noda darahnya.

Gosok dengan kain atau handuk pada area tersebut. Tuangkan lagi larutan dan gosok sampai noda darah benar-benar hilang. Namun, bila noda darah masih ada kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida.

Cukup basahi kain dengan hidrogen peroksida lalu letakkan di atas noda darah yang membandel.

Biarkan selama beberapa menit agar peroksida menyerap darah di ubin. Kemudian bilas ubin dengan air hangat.

Pastikan bila kamu sudah membersihkan larutan pemutih dari lantai dengan air. Hal ini agar sisa pemutih tak bereaksi dengan hidrogen peroksida.

Baca juga: Wali Kota Malang Targetkan Vaksin Booster Capai 50 Persen Sebelum Lebaran

Menghilangkan sisa lilin dan permen karet di lantai

Pilih permen karet yang bebas pemanis buatan agar permen karet tak memicu pembusukan gigi.Unsplash/Marvin Meyer Pilih permen karet yang bebas pemanis buatan agar permen karet tak memicu pembusukan gigi.

Permen karet dan lilin bisa menjadi masalah pada ubin. Namun, kamu bisa menghilangkan noda membandel ini hanya dengan es batu dan stik kayu.

Pertama, taruh es batu ke sisa lilin yang masih panas untuk mendinginkannya. Begitu juga pada sisa permen karet agar membuatnya mengeras.

Bila sudah, kamu bisa menggosok noda membandel itu dengan kayu atau spatula yang terbuat dari silikon. Hal ini demi menghindari goresan pada lantai ubin.

Selanjutnya kamu bisa mengepel dengan air dan pembersih lantai bila noda membandel akibat lilin dan permen karet telah benar-benar hilang.

Baca juga: Apakah Lantai Kayu Cocok dan Aman untuk Kamar Mandi? Ini Penjelasannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com