Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2022, 15:59 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Agar tidur menjadi lebih nyaman dan berkualitas, pemilihan alas tidur merupakan hal yang penting. Tak hanya seprai, kamu bisa menambahkan duvet cover agar tempat tidur menjadi lebih empuk dan nyaman.

Duvet cover seringkali disamakan dengan selimut atau comforter. Mereka memang terlihat sama, namun perbedaan utama adalah comforter dirancang dengan penutup yang tidak dilepas. Sedangkan duvet cover merupakan penutup selimut yang menggunakan kancing atau tali pengait.

Baca juga: 8 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Mencuci Piring dengan Tangan

Melansir dari Dcleaners, Jumat (8/4/2022), biasanya duvet cover berisi wool, polyfill dan bulu sehingga membuatnya lebih halus dan empuk.

Agar duvet cover tetap bersih dan awet, perawatan tentu saja perlu dilakukan. Biasanya duvet cover dicuci dengan metode dry clean, namun kamu juga bisa mencucinya sendiri di rumah.

Baca juga: 6 Kebiasaan Mencuci Ini Dapat Merusak Handuk Mandi

Tips mencuci duvet cover di rumah

Memilih selimut sebagai kado ulang tahun untuk pacar bisa membuatnya merasa selalu dekat denganmu.SHUTTERSTOCK/ Olena Yakobchuk Memilih selimut sebagai kado ulang tahun untuk pacar bisa membuatnya merasa selalu dekat denganmu.

Kamu bisa menggunakan mesin cuci untuk mencuci duvet cover di rumah seminggu sekali. Sebelum mencucinya, sebaiknya periksa label perawatan karena masing-masing duvet cover memiliki saran pencucian yang berbeda-beda.

Beberapa di antaranya memiliki bahan yang cukup sensitif sehingga tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci.

Untuk mencuci duvet cover menggunakan mesin cuci, gunakan air dingin dengan siklus pencucian yang lembut.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mencuci Stoples Kue Sebelum Digunakan

 

Hal ini agar serat kain pada duvet cover tidak rusak dan duvet tetap dalam keadaan baik setelah dicuci.

Setelah dicuci dengan bersih, jangan lupa untuk mengeringkan duvet cover. Pastikan untuk mengibas duvet yang sudah kering agar bentuknya kembali seperti semula.

Baca juga: Cara Aman Mencuci Pisau dan Garpu Menggunakan Mesin Pencuci Piring

Manfaat mencuci duvet cover dengan dry clean

Setelah digunakan beberapa kali, duvet cover bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Namun, mesin cuci biasa tidak mampu untuk membersihkannya selama menyeluruh.

Untuk menjaga kualitas duvet cover, sebaiknya bawa duvet cover ke laundry untuk melakukan pencucian dry clean. Kamu bisa melakukan ini setidaknya satu hingga dua kali setahun.

Selain lebih praktis, mencuci duvet cover dengan dry clean dapat membuat duvet menjadi lebih bersih, segar dan awet. Duvet berbahan satin dan sutra juga harus dicuci dengan cara dry clean agar bahan tidak rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com