Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Menghilangkan Bau dan Noda Membandel di Wadah Plastik

Kompas.com - 03/04/2022, 13:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan merupakan cara praktis dan juga aman. Wadah plastik khusus makanan umumnya terbuat dari bahan yang aman untuk makanan bahkan juga aman untuk microwave.

Di balik keunggulannya, wadah plastik seringkali menyerap bau makanan sehingga meninggalkan aroma tak sedap. Beberapa jenis makanan dengan warna pekat juga dapat meninggalkan noda pada wadah plastik seperti tomat, kunyit dan cabe.

Melansir dari Good Housekeeping, Minggu (03/04/2022), jika kamu memiliki tumpukan wadah plastik dengan bau tak sedap dan noda di rumah, sebaiknya jangan buru-buru dibuang. Lakukan dua tips berikut ini agar wadah plastik bisa digunakan kembali.

Baca juga: Wadah Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimasukkan ke Microwave

Menghilangkan bau di wadah plastik

Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.

Wadah yang digunakan untuk menyimpan makanan biasanya meninggalkan bau yang cukup mengganggu. Untuk mengusir baunya, kamu bisa memanfaatkan baking soda dengan cara berikut ini:

  1. Larutkan 4 sendok makan baking soda ke dalam 1 liter air hangat.
  2. Rendam wadah dalam larutan baking soda selama 30 menit atau sampai baunya hilang. Kemudian bilas dan keringkan.
  3. Jika wadah masih bau, isi wadah dengan gumpalan koran lalu tutup rapat. Koran dapat menyerap bau tak sedap yang ada di dalam wadah. Keluarkan koran setelah 1 hingga 2 hari.
  4. Cuci wadah dengan sabun dan air panas, keringkan dengan lap dapur.

Baca juga: Panduan Lengkap Membuat Terrarium, Kebun Mini Dalam Wadah Kaca

Membersihkan noda di wadah plastik

Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi wadah plastik, wadah makanan plastik.

Selain meninggalkan bau membandel, makanan yang mengandung minyak ataupun pewarna makanan juga dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.

Jika terdapat noda membadel pada wadah plastikmu, cobalah untuk membersihkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan pemutih klorin dan air hangat
  2. Campurkan 1 sendok makan cairan pemutih klorin ke dalam 1 cangkir air hangat. Pastikan larutan cukup untuk menutupi bagian wadah yang memiliki noda.
  3. Tuang larutan ke dalam wadah. Jika terdapat noda di bagian tutup wadah plastik, rendam tutup dengan larutan pemutih di bak cuci piring. Rendam selama 30 menit.
  4. Cuci wadah dengan sabun dan air panas. Jika sudah bersih lap wadah dengan menggunakan lap dapur kering.

Baca juga: Stop Menaruh Wadah Plastik ke Dalam Microwave, Ini Bahayanya

Untuk meminimalisir noda, kamu bisa menyemprot wadah dengan cooking spray sebelum menyimpan makanan berbahan dasar tomat.

Memanaskan wadah ke dalam microwave juga dapat membuat warna makanan tertinggal di wadah dan menjadi bau. Pastikan wadah aman untuk microwave sebelum menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com