Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik Baru

Kompas.com - 14/12/2021, 14:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang masih menggunakan wadah plastik untuk menyimpan makanan meski sudah banyak tersedia wadah penyimpanan kaca. 

Padahal, ada beberapa wadah plastik yang tidak aman untuk menyimpan makanan. Bahkan, meski wadah plastik tersebut aman, terkadang memiliki bau plastik yang kuat, terlebih wadah baru

Baca juga: Langkah Menghilangkan Noda pada Wadah Plastik

Menggosok wadah plastik baru dengan sabun dan air panas tidaklah cukup untuk menghilangkan bau. Anda perlu menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkannya. 

Dilansir dari The Kitchn, Selasa (14/12/2021), berikut sejumlah bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau pada wadah plastik baru. 

Baca juga: Tips Bersihkan Wadah Plastik Berminyak Usai Memasak Daging Idul Adha 

Baking soda

Sifat abrasif baking soda perlu membuat kita berhati-hati, terutama jika mengaplikasikan cara memutihkan gigi dengan baking soda tersebut terlalu seringPIXABAY/AZZARYIATUL AMAR Sifat abrasif baking soda perlu membuat kita berhati-hati, terutama jika mengaplikasikan cara memutihkan gigi dengan baking soda tersebut terlalu sering
Taburkan sedikit baking soda, air secukupnya, lalu aduk rata sempai kedua bahan tercampur serta membentuk pasta.

Setelah itu, gosokkan pasta ke seluruh bagian dalam wadah plastik, biarkan selama satu atau dua hari, lalu bersihkan wadah plastik. 

Koran

Untuk menghilangkan bau menyengat dari wadah plastik baru, gunakan koran. Carannya, remukkan beberapa koran dan masukkan ke wadah plastik. 

Kemudian, tutup wadah dan biarkan selama semalaman atau lebih lama. Setelah itu, bilas menggunakan sabun cuci piring serta air bersih. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Wadah Plastik 

Arang

Masukkan sepotong arang ke wadah plastik, lalu tutup rapat, dan biarkan arang menyerap semua bau dalam wadah. Setelah beberapa saat, bilas wadah plastik hingga bersih.

Lemon

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/EGGBANK Ilustrasi lemon.
Bilas wadah plastik dengan perasan lemon atau gosokkan potongan lemon ke seluruh permukaan dalam wadah, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wadah Plastik dari Berbagai Noda 

Ampas kopi

Kopi dianggap bisa menetralkan bau tak sedap apa pun, termasuk wadah plastik. Caranya, masukkan ampas kopi bekas (basah atau kering) ke wadah plastik dan diamkan sampai baunya menghilang. 

Sinar matahari

Cara mudah lainnya adalah menempatkan wadah plastik di luar ruangan pada hari yang cerah untuk mengeluarkan baunya dan memanfaatkan kekuatan sinar matahari untuk melawan bau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com