Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2021, 08:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur sempit bukan berarti tidak bisa ditata dengan baik. Kamar tidur sempit dapat dan perlu ditata sedemikian rupa, sehingga memberikan rasa tenang dan nyaman.

Untuk menata kamar tidur sempit, Anda dapat menggunakan prinsip feng shui. Filosofi kuno dari Tiongkok ini adalah tentang mencapai keseimbangan sempurna antara lima elemen alam, yakni air, kayu, api, tanah, dan logam.

Dilansir dari My Domaine, Selasa (14/12/2021), menurut Nicole Seidlitz, pendiri Tree of Life Feng Shui dan instruktur di International Feng Shui School, tujuan penerapan feng shui adalah untuk memastikan ruang mendukung dan memelihara penghuninya.

Baca juga: Feng Shui Sarankan Penggunaan Headboard Tempat Tidur, Mengapa?

Salah satu ruangan di rumah yang tentunya harus terasa mendukung dan mengayomi adalah kamar tidur.

"Kamar tidur adalah ruang untuk istirahat, relaksasi, dan romansa," jelas Seidlitz.

Dengan menggunakan prinsip feng shui, Anda dapat mengubah kamar tidur sempit menjadi tempat perlindungan yang terasa jauh lebih luas. Berikut beberapa tips menata kamar tidur sempit menurut feng shui yang dapat Anda lakukan.

1. Memanfaatkan cahaya alami

Cahaya sangat penting untuk membuat ruang kecil terasa lebih besar dan untuk menyeimbangkan feng shui sebuah ruangan.

Baca juga: Feng Shui Melarang Ada TV di Kamar Tidur, Ini Penjelasannya

"Idealnya Anda ingin memiliki cahaya alami di pagi hari untuk membangunkan tubuh Anda secara alami dan, sebaliknya, memiliki lebih sedikit cahaya di malam hari untuk memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk bersantai," kata Seidlitz.

Jika kamar tidur sempit Anda tidak memungkinkan banyak cahaya alami untuk masuk, Anda selalu dapat menempatkan cermin secara strategis untuk meningkatkan sedikit cahaya yang menembus atau memilih bola lampu spektrum penuh yang meniru cahaya alami.

2. Serba berpasangan

Seidlitz merekomendasikan untuk menempatkan furnitur dan dekorasi berpasangan saat mempraktikkan feng shui di kamar tidur sempit.

Pikirkan dua nakas, dua lampu meja, dan dua kristal di samping tempat tidur saat memilih dan menempatkan barang. Ini akan menciptakan perasaan simetri dan keseimbangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com