Kompas.com - 14/12/2021, 07:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangkuk kloset yang kotor dan ada noda kecokelatan tentu tidak sedap dipandang. Kloset yang kotor perlu segera dibersihkan karena terkait dengan higienitas dan kebersihan tubuh.

Namun demikian, seringkali Anda tidak dapat menghilangkannya dengan pembersih toilet biasa dan sikat toilet. Akan tetapi, Anda tidak memerlukan pembersih kimia, melainkan membuat pembersih sendiri untuk mengembalikan kebersihan kloset.

Dilansir dari Express, Selasa (14/12/2021), untuk membersihkan mangkuk kloset, tidak selalu harus melibatkan bahan kimia keras. Sebaliknya, Anda bisa menggunakan bahan yang sudah ada di dapur.

Baca juga: Tips Membersihkan dan Mencegah Kloset dari Pertumbuhan Alga

Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.SHUTTERSTOCK.NEW AFRICA Ilustrasi kloset, toilet kamar mandi.

Mengapa mangkuk kloset berubah warna menjadi kecokelatan?

Jika Anda tinggal di daerah dengan air yang keras, hal itu dapat menyebabkan mangkuk kloset berubah warna dan cokelat seiring waktu.

Hal ini disebabkan oleh konsentrasi kerak kapur yang tinggi di air, dan sayangnya itu berarti menggosok saja tidak akan mengangkat noda tersebut.

Kerak kapur biasanya berwarna putih tetapi endapan mineral di toilet seperti zat besi, kalsium, dan magnesium akan mengubah kerak kapur menjadi cokelat atau hijau.

Anda harus membersihkan semua perubahan warna di mangkuk kloset segera setelah muncul.

Baca juga: Hati-hati, 3 Hewan Ini Bisa Muncul dari Lubang Kloset

Kapur menyerap kotoran dan menumpuk, lapis demi lapis, seiring waktu. Jadi, jika dibiarkan dalam waktu lama, mereka hampir tidak mungkin dibersihkan.

Cara menghilangkan noda cokelat dari mangkuk kloset dengan cuka putih

Pertama, ingat, cara ini memakan waktu setidaknya satu jam, jadi pastikan Anda buang air kecil sebelum memulai.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Express
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.