Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Peralatan Elektronik yang Harus Dimatikan untuk Menghemat Energi

Kompas.com - 30/03/2022, 21:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, banyak alat elektronik yang berperan untuk melengkapi kehidupan manusia. Pemakaian alat elektronik ini tentunya membutuhkan energi listrik dan biaya yang harus dikeluarkan. 

Akan tetapi, banyak orang yang masih mengabaikan penghematan listrik ketika perangkat elektronik ini tidak digunakan.

Dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/3/2022), banyak orang yang sering mengabaikan peralatan di rumah yang menghabiskan energi saat tidak dimatikan.

Baca juga: 6 Barang Elektronik yang Tak Boleh Dicolok ke Stopkontak Kabel

Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding. SHUTTERSTOCK/EARLY SPRING Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding.

"Daya siaga (standby) adalah listrik yang digunakan oleh peralatan saat dimatikan atau dalam 'mode istirahat'," jelas Chris Saunders, pakar energi rumah tangga dan pendiri LoopEnergySaver.com.

Dia menjelaskan, hampir semua peralatan elektronik akan menarik daya secara terus-menerus kecuali dimatikan atau dimatikan dari sumber listriknya. Adapun untuk menghemat listrik, matikan lima peralatan elektronik di rumah ini. 

1. TV

Meskipun produsen TV modern telah meningkatkan efisiensi mode standby, Anda masih akan menghemat energi dengan mematikannya sepenuhnya. Jika Anda memiliki model yang lebih tua, mematikannya bahkan lebih penting.

"Saat TV tidak dimatikan dan dibiarkan dalam mode standby, menjadi salah satu penyebab utama pemborosan energi. Jika Anda memiliki beberapa perangkat televisi di rumah, ini dapat menambah pemborosan dengan cepat," ungkap Saunders. 

Baca juga: Penggunaan Alat Elektronik Ini Meningkat karena Remote Working

2. Komputer

"Jika Anda cenderung membiarkan komputer Anda menganggur, ingatlah bahwa screen saver komputer tidak menghemat energi," tutur Saunders. 

Bila Anda ingin menjaga penggunaan energi seminimal mungkin, ubah pengaturan Anda sehingga langsung masuk ke mode tidur atau lebih baik lagi, matikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com