Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Terjadi Pemadaman Listrik

Kompas.com - 28/03/2022, 16:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika terjadi pemadam listrik, tak sedikit penghuni rumah merasa panik. Pemadaman listrik ini biasanya terjadi selama beberapa menit hingga jam, tapi ada juga yang berlangsung selama berhari-hari. 

Meski berlangsung tak lama, pemadaman listrik di rumah tetap saja membuat kesulitan untuk melakukan beberapa kegiatan, bahkan bisa berpotensi mendatang bahaya bagi Anda dan keluarga jika tidak berhati-hati.  

Baca juga: Patut Dicontoh, Ini 8 Cara Menghemat Energi di Rumah

Untuk menjaga rumah dan keluarga tetap aman, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama pemadaman listrik.

Dikutip dari Bobvila, Senin (28/3/2022), berikut enam hal yang harus dihindari saat terjadi pemadaman listrik. 

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini Saat Terjadi Pemadaman Listrik di Rumah 

Hindari menggunakan lilin

Jika ingin mencoba cara mengusir lalat dengan perangkap lilin, siapkan lilin yang ditaruh di tempat lilin berisi sedikit air.PIXABAY/THEVIBRANTMACHINE Jika ingin mencoba cara mengusir lalat dengan perangkap lilin, siapkan lilin yang ditaruh di tempat lilin berisi sedikit air.
Menyalakan lilin saat lampu padam tampak seperti solusi klasik, tapi ini sebenarnya bukan pilihan paling aman. 

Sebab, anak-anak atau hewan peliharaan dapat dengan mudah menjatuhkannya dan Anda tidak boleh meninggalkan lilin yang menyala tanpa pengawasan.

Bahkan, Anda harus berhati-hati dengan beberapa tempat lilin yang bisa menjadi sangat panas jika membiarkan lilin menyala terlalu lama.

Sebaiknya, simpan senter di area strategis di sekitar rumah dan periksa secara berkala untuk memastikan baterai masih berfungsi. 

Baca juga: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Terjadi Pemadaman Listrik 

Jangan biarkan peralatan listrik tercolok 

Setelah pemadaman listrik terjadi, cek semua peralatan listrik yang masih tercolok ke stopkontak atau soket listrik. Cabut kabel daya yang lebih besar (seperti televisi (TV), komputer, dan kulkas), dan matikan yang lebih kecil seperti lampu atau radio.

Peralatan yang masih mencolok ini bisa meningkatkan lonjakan elektronik atau membebani sirkuit rumah saat listrik menyala kembali. 

Jangan membuka kulkas atau freezer 

Ada beberapa buah yang tidak perlu disimpan di kulkas, seperti pisang, jeruk, dan alpukat.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ada beberapa buah yang tidak perlu disimpan di kulkas, seperti pisang, jeruk, dan alpukat.
Selama pemadaman listrik, biarkan kulkas dan freezer tetap tertutup agar udara dingin tetap berada di dalam kulkas dan mencegah pembusukan makanan.

Faktanya, kulkas yang belum dibuka dapat mempertahankan suhu yang tepat setidaknya selama empat jam dan kulkas yang baik dapat menjaga makanan tetap aman hingga dua hari. 

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Terjadi Pemadaman Listrik 

Jangan memanggang di dalam ruangan

Meski mungkin tergoda membawa panggangan ke dalam untuk memasak makan malam setelah listrik padam, hal itu sangat tidak aman.

Pemanggang gas dan arang mengeluarkan asap yang dapat menyebabkan keracunan karbon monoksida, bahkan kematian, jika rumah tidak berventilasi baik. 

Begitu pun menggunakan generator luar ruangan di dalam ruangan bisa sangat membahayakan keluarga. 

Baca juga: Catat, 7 Benda Ini Dibutuhkan Saat Terjadi Pemadaman Listrik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com