Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengajari Burung Beo Ringneck Meniru Ucapan Manusia

Kompas.com - 12/03/2022, 08:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ringneck adalah burung cerdas yang dapat mempelajari hingga 250 kata. Meski tidak semua spesies burung beo mampu berbicara, burung beo Ringneck Indian umumnya adalah pembicara yang sangat baik.

Tak heran, menjadikan Ringneck ras burung pilihan yang sangat baik bagi pemilik yang menginginkan burung yang bisa berbicara. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Mencegah Rasa Bosan pada Burung Peliharaan

Namun, penting dipahami, meski cukup mampu berbicara, tidak semua Ringneck dapat meniru ucapan manusia.

Untuk beberapa alasan yang tidak dapat mengerti, beberapa burung beo tidak pernah mau berbicara. Akan tetapi, untuk membantu Ringneck "berbicara" atau meniru ucapa manusia, Anda sebagai pemilik perlu mengajarinya. 

Dilansir dari Pets.thenest, Sabtu (12/3/2022), berikut cara mengajari burung beo Ringneck meniru ucapan manusia. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memandikan Burung Peliharaan

Membangun hubungan saling percaya

Langkah pertama mengajari burung beo "berbicara" adalah mulai melatihnya dengan membangun hubungan saling percaya dengan burung peliharaan.

Ringneck adalah ras burung cerdas yang membutuhkan banyak waktu dan kasih sayang. Jika burung peliharaan mempercayai dan mencintai pemiliknya, ia akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan Anda. 

Baca juga: Kucing Suka Mengeluarkan Suara Mirip Kicauan Burung, Apa Sebabnya?

Berikan camilan pada awal latihan 

Ilustrasi burung beo Ringneck IndianPIXABAY/SandeepHanda Ilustrasi burung beo Ringneck Indian
Camilan bisa membantu memancing burung Ringneck membuka mulutnya dan mengikuti kata-kata Anda. Ketika burung peliharaan bisa mengucapkan sepatah kata pun, hadiah camilan untuknya. 

Seiring berjalannya waktu, ganti makanan dengan hadiah lain secara perlahan seperti mandi, garukan kepala, atau permainan favorit. 

Baca juga: Bahaya Mengirim Burung Peliharaan Melalui Pos

Memutar CD berisi kata-kata

Tingkatkan waktu pelatihan dengan memutar CD pelatihan audio saat Anda jauh dari rumah. Beli CD yang berisi kata-kata berulang-ulang di banyak toko hewan peliharaan atau secara online.

Selain itu, Anda juga bisa merekam suara Anda sendiri sehingga burung peliharaan akan mendengarnya, lalu mempelajari kata-kata tersebut, serta lama-kelamaan akan mengucapkan kata itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com