Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Hewan Peliharaan? Ini 7 Cara Tepat Membereskan Rumah

Kompas.com - 27/02/2022, 09:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari anjing yang lucu, kucing berbulu lebat, hingga burung beo berwarna-warni, memiliki hewan peliharaan membawa kebahagiaan ke dalam rumah serta mengusir rasa bosan. 

Namun, mempunyai hewan peliharaan juga ada tantangan sendiri seperti membersihkan bulu hewan peliharaan di lantai, menghilangkan bau dan kotoran hewan, serta menemukan tempat untuk menyimpan makanan dan aksesori hewan. 

Nah, untuk membantu membersihkan masalah dan menjaga rumah tetap bersih, berikut tujuh cara membereskan rumah yang perlu diketahui pemilik hewan peliharaan dikutip dari Bobvila, Minggu (27/2/2022). 

Baca juga: 11 Tanaman Hias Beracun untuk Manusia dan Hewan Peliharaan, Apa Saja? 

Letakkan kotak pasir kucing secara tersembunyi

Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.
Kucing membutuhkan akses mudah ke kotak pasir, tetapi sebagian besar pemilik rumah tidak ingin toilet kucing mereka terlihat jelas.

Hilangkan pemandangan ini dan berikan privasi pada kucing peliharaan dengan menyembunyikan kotak pasir kucing di belakang keranjang cucian tua atau lemari kecil.

Potong pintu seukuran kucing di samping sehingga sahabat bulu bisa datang dan pergi sesuai dengan kebutuhan. Area tersembunyi ini juga membantu mengurangi bau yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Ketahui 3 Manfaat Kalung GPS untuk Hewan Peliharaan

Gunakan matras di bawah kandang burung 

Meski dikenal hewan peliharaan cantik yang sarat dengan kepribadian, burung beo dan burung lainnya cenderung membuat kekacauan, terlebih saat makan. 

Karena itu, coba letakkan matras atau alas di bawah kandang burung untuk menampung benih dan kotoran agar mudah dibersihkan.

Gunakan penyimpanan makanan yang cerdas

Bagi kita yang memiliki teman berkaki empat disarankan menyimpan makanan hewan kering di kendi plastik besar.

Wadah tidak hanya membuat makanan tetap segar, tetapi juga memudahkan menuangkan makanan langsung ke mangkuk hewan peliharaan. 

Baca juga: Catat, 10 Barang Rumah Tangga Ini Berbahaya untuk Hewan Peliharaan

Membersihkan bulu hewan peliharaan

Ilustrasi membersihkan karpetShutterstock/Lucky Business Ilustrasi membersihkan karpet
Salah satu kesulitan terbesar dari kepemilikan anjing adalah kumpulan bulu yang menumpuk di rumah seperti lantai, furnitur, sofa, dan karpet

Untuk mengatasinya, bersihkan setiap permukaan dengan squeegee. Alat kamar mandi ini mencegah bola bulu hewan peliharaan sehingga mengurangi alergen umum.

Menghilangkan bau karpet

Bau hewan peliharaan yang tidak menyenangkan dapat meresap ke karpet dan meninggalkan aroma tak sedap di rumah. Untuk menghilangkannya, siapkan bubuk karpet DIY yang terbuat dari taburan baking soda, lalu taburkan pada lantai setiap kali menyedot debu.

Aroma baking soda ini dapat menghilangkan bau serta meningkatkan kesegaran. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Berbagai Benda di Rumah 

Buat tempat tidur hewan peliharaan yang bergaya

Ilustrasi anjing peliharaan di dalam rumah.UNSPLASH/JAMIE STREET Ilustrasi anjing peliharaan di dalam rumah.
Alih-alih mengandalkan bantal yang dibeli di toko, buatlah tempat tidur anjing sendiri dengan beberapa alat dasar.

Anda dapat mendekorasi tempat tidur sesuai dengan dekorasi rumah untuk sentuhan pribadi yang unik serta menarik. 

Baca juga: Punya Hewan Peliharaan, Memberi Makan Saja Tidak Cukup

Rak kucing berlapis karpet

Kucing suka memanjat dan mencakar berbagai benda seperti furnitur. Perilaku ini tak jarang bisa merusak berbagai benda serta furnitur di rumah.

Jauhkan kucing peliharaan dari membuat kekacauan dan merusak furnitur dengan membuat rak kucing berlapis karpet. Kucing dapat memanjat tanpa konsekuensi dan memiliki target khusus untuk cakarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com