Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Material Kain yang Ramah Hewan Peliharaan untuk Melindungi Furnitur

Kompas.com - 06/02/2022, 22:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan yang dirawat di dalam rumah akan sering tidur pada berbagai permukaan seperti di sofa, bantal, dan karpet.

Namun, membiarkan anjing atau kucing peliharaan terus-menerus sering tidur di atas sofa dan karpet bisa merusak permukaan kainnya. 

Baca juga: 6 Elemen Dekorasi yang Berbahaya Untuk Hewan Peliharaan

Bulu hewan peliharaan, cakar, gigi, air liur, dan kecelakaan lainnya dapat membuat furnitur tergores, kotor, bahkan rusak. 

Langkah paling mudah melindungi furnitur sepenuhnya dari hewan peliharaan adalah  menjauhkan hewan.

Namun, dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (6/2/2022), ada cara lain yang dapat dilakukan, yakni menutupi permukaan furnitur dengan kain yang ramah hewan peliharaan seperti tahan terhadap noda, mudah dibersihkan, dan tahan lama. 

Baca juga: 6 Hewan Peliharaan yang Cocok untuk Anak Kos

Pilih kain ramah hewan peliharaan untuk sofa, kursi, sandaran, bantal, dan barang berlapis lainnya yang sering menjadi tempat bertengger hewan peliharaan. 

Berikut ini lima material kain yang ramah hewan peliharaan untuk melindungi furnitur dan meminimalkan noda atau bulu hewan yang rontok. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Urine dan Kotoran Hewan Peliharaan Pakai Cuka 

Kulit dan kulit imitasi

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit
Desainer interior, Kimberly Kelly, mengatakan material kulit sangat ideal untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing. Bahan ini tahan lama, mudah dibersihkan, dan bulu hewan peliharaan tidak akan menempel pada permukaan kulit yang halus.

Untuk membersihkannya, bersihkan permukaan dengan vacuum cleaner atau lap dengan kain mikrofiber yang dibasahi. Bersihkan noda segera saat terjadi dan seka perlahan dengan kain yang telah dibasahi sedikit. 

Kulit secara alami mengembangkan patina yang aus dari waktu ke waktu sehingga goresan atau goresan kecil akan menyatu. 

Baca juga: Cara Mencegah Kutu Hinggap di Tubuh Hewan Peliharaan 

Beludru

Ilustrasi sofa beludruUNSPLASH/ Phillip Goldsberry Ilustrasi sofa beludru
Desainer interior, Rachel Van Kluyve, menyukai kain berbahan beludru karena sulit untuk mengalahkan keausan. 

Meski terlihat mewah dan halus, beludru tahan terhadap keausan karena tenunannya yang rapat dan tumpukannya yang rendah.

Serat pendek mencegah bau, meresap cairann, serta mudah menyikat bulu hewan peliharaan dan kotoran dari permukaan. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Oleh Pemilik Hewan Peliharaan 

Pelapis luar ruangan 

Coba gunakan kain luar ruangan yang bergaya untuk bantal dan pelapis agar furnitur lebih ramah hewan peliharaan.

Dirancang untuk menahan cuaca keras di luar ruangan, bahan ini menolak air serta menahan noda dan bakteri sehingga menjadikannya pilihan cerdas bagi pemilik hewan peliharaan. Kain luar ruangan juga tersedia dalam berbagai warna dan pola. 

Mikrofiber 

Mikrofiber adalah bahan sintetis yang dikenal tahan noda. Cairan tidak mudah meresap ke permukaan dan sebagian besar noda dapat dibersihkan menggunakan sedikit sabun serta air.

Kain mikrofiber memiliki tekstur lembut seperti beludru dan tenunan ketat yang tidak akan tersangkut oleh cakar hewan peliharaan. Singkirkan bulu hewan peliharaan dengan penyedot debu atau sikat serat. 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Kain Mikrofiber agar Tahan Lama 

Kanvas

Kanvas adalah material yang bagus untuk rumah dengan hewan peliharaan karena tahan air dan tidak menjebak kotoran atau rambut.

Memiliki bahan tenunan yang rapat membuat kanvas tahan lama dan mudah dibersihkan dengan sabun serta air. Pertimbangkan menggunakan kain kanvas sebagai cara sederhana untuk melindungi furnitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com