Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Bepergian Lama? Titipkan Anjing Peliharaan ke Anggota Keluarga

Kompas.com - 23/02/2022, 19:50 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua pemilik anjing yang membawa sahabat bulunya ketika bepergian, terlebih untuk waktu cukup lama seperti dua pekan.

Salah satu cara menjaga sahabat bulu tetap terawat dengan baik selama ditinggal bepergian adalah menitipkannya ke penitipan hewan.

Baca juga: Ingin Mengajak Anjing ke Restoran? Jangan Lakukan Hal Ini

Akan tetapi, pegiat healthy lifestyle for pets dari The Wonderbutts Family, Jessie dan Edison, menyarankan tidak sembarangan menitipkan anjing peliharaan.

“Sampai saat ini, aku belum menemukan tempat yang dipercaya. Selama pergi, nitip ke mama, keluarga sendiri,” ungkap Jessie dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Rayakan Valentine Bareng Anabul, Yuk Kenali Bahasa Tubuhnya”, Senin (14/2/2022).

Baca juga: 5 Tips Sebelum Memelihara Anjing, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Jessie menjelaskan, dirinya dan Edison membuat perjanjian dengan anggota keluarga untuk tidak pergi bersama-sama. Misalnya, jika Jessie hendak pergi, ibunya tidak pergi. Begitu pula sebaliknya.

Meski sudah dititipkan kepada orang tua, dia tidak menampik terkadang masih ada langkah perawatan yang terlewatkan. 

“Sama mama, yang sudah dipesan anjingnya enggak boleh melakukan sesuatu, terkadang ada yang terlewat. Kayak, jangan pernah dikasih makan kalau kita lagi makan, nanti mereka kebiasaan, tapi ini terjadi,” ujar Jessie.

Baca juga: Catat, 10 Hal Ini Perlu Dilakukan Pemilik Setelah Mengadopsi Anjing

Bagaimana dengan waktu liburan yang lebih singkat?

Ilustrasi anjing Pitbull atau American Pit Bull Terrier. PIXABAY/SUSANNE906 Ilustrasi anjing Pitbull atau American Pit Bull Terrier.

Untuk periode liburan yang lebih singkat, seperti dua hari, Edison mengatakan bahwa mereka sering membawa anjing peliharaan bersama.

Sebelum memulai perjalanan, mereka sudah memastikan bahwa penginapan yang dituju menerima anjing peliharaan.

“Penginapan yang agak jelek enggak apa-apa, yang penting boleh bawa sahabat bulu,” kata Edison.

Baca juga: 12 Ras Anjing Asal Inggris, dari Bulldog hingga Terrier

Selama perjalanan, Edison menuturkan bahwa dirinya sering melakukan perjalanan darat menggunakan mobil. Namun, dia dan Jessie sering berhenti agar anjing peliharaan dapat membuang kotoran.

“Mereka (anjing peliharaan) sudah biasa jalan-jalan di mobil dengan waktu lama, tapi usahakan mereka nyaman. Jadi, selama tiga jam berhenti untuk pipis. Kalau sudah, jalan lagi. Kalau pergi lebih dari dua pekan, titip ke keluarga,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com