Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock

Kompas.com - 23/02/2022, 15:11 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Fitur smart door lock atau kunci pintar menjadi pilihan untuk hunian bergaya modern.

Jika menggunakan smart door lock untuk hunian, kamu tidak perlu lagi khawatir saat lupa mengunci rumah. Hal ini karena kamu bisa langsung mengeceknya dan mengunci pintu rumah dari smartphone dimanapun kamu berada.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, smart door lock juga memiliki kekurangan. Untuk itu sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk memasak smart door lock sebagai kunci pintu rumah.

Melansir dari Security Forward, Rabu (23/2/2022), berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan smart door lock yang perlu kamu tahu.

Baca juga: Bolehkah Menggantung Cermin Menghadap Pintu Rumah? Ini Penjelasannya

Dapat dioperasikan dari smartphone, namun dapat terjadi error

Salah satu fitur smart lock yang paling menarik adalah kemampuannya untuk berintegrasi dengan smartphone.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuka dan mengunci pintu dari jarak jauh. Jika kamu sedang bepergian namun ragu dengan keadaan pintu rumah, kamu bisa dengan cepat mengeceknya dari smartphone-mu saja.

Baca juga: 5 Tips Mendekor Pintu Rumah untuk Natal yang Meriah dan Hangat

Namun menurut Ansh Gupta, pendiri Empire Crafter meskipun praktis teknologi ini masih dapat terjadi error.

Selain itu beberapa orang juga terbiasa menggunakan grendel sebagai pengaman ganda untuk rumah mereka sehingga agak ragu saat akan beralih ke smart lock.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Seret dan Berderit

Tidak perlu kunci cukup dengan kode, namun bergantung pada daya baterai

Menurut Fultz, pendiri dan pakar teknologi di Coffeeble, jika kamu menggunakan fitur smart door lock untuk rumah, tidak akan ada lagi kejadian kucing rumah yang hilang dan terselip di tas. Kamu bisa menggunakan kode unik bahkan untuk setiap individu yang memiliki akses ke rumah.

Namun teknologi ini sangat bergantung pada daya baterai yang mungkin habis. Untuk itu kamu harus waspada dan mengganti baterai sebelum kehabisan daya.

Baca juga: Cara Membuat Karangan Bunga Natal untuk Mempercantik Pintu Rumah

 

Selain itu, smart door lock juga rentan terhadap peretas yang bisa mengakses perangkatmu. Untuk mendapatkan akses ke jaringan, mereka dapat menargetkan protokol keamanan digital yang buruk di kunci.

Untuk itu sebaiknya gunakan teknologi enkripsi baru dan menyiapkan VPN di router untuk mengamankan koneksi kunci pintar atau perangkat lain.

Baca juga: Tangga Langsung Menghadap Pintu Rumah, Apa Bagus Menurut Feng Shui?

Fitur yang aman, namun tentu memiliki resiko

Untuk membuat rumah menjadi lebih modern dan praktis, tentunya smart door lock adalah pilihan yang baik.

Namun karena berhubungan dengan koneksi dan jaringan, sebaiknya gunakan perlindungan dan keamanan ekstra agar peretas tidak mudah masuk dan mengakses kunci rumah.

Sebenarnya jika kamu menggunakan smart lock dengan benar, mereka akan mempermudah hidupmu dan memperingatkanmu saat sistem telah diretas atau rusak.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Pintu Rumah yang Seret dan Berderit

Kesimpulan

Smart door lock pasti menawarkan beberapa fasilitas seperti keamanan dan kenyamanan,namun kamu juga perlu memahami sepenuhnya potensi resiko dan biaya yang dibutuhkan sebelum memasangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com