Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Dekorasi Kamar Tidur Kecil agar Terasa Lebih Luas dan Fungsional

Kompas.com - 01/02/2022, 14:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur yang luasannya terbatas, menjadi sebuah tantangan saat mendekorasinya. Ketika salah dalam mendekorasi kamar tidur kecil tersebut, ruangan akan terasa lebih kecil. 

Oleh karena itu, jika Anda merancang atau merenovasi kamar tidur kecil, penting untuk meningkatkan fungsinya dengan memastikan pemanfaatan ruang yang tersedia secara maksimal.

Dilansir dari Architectural Digest India, Selasa (1/2/2022), berikut beberapa metode yang telah dicoba dan diuji untuk meningkatkan efisiensi spasial kamar tidur kecil, sehingga dapat berubah menjadi ruang yang sangat fungsional yang sempurna untuk relaksasi.

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Kamar Tidur Anak

Ilustrasi kamar tidur sempit dengan dua warna cat dinding.SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur sempit dengan dua warna cat dinding.

1. Rencanakan tata letak furnitur

Posisi yang paling disukai untuk tempat tidur adalah di tengah dinding kosong. Buat ketentuan untuk meja samping di kedua sisi tempat tidur untuk menciptakan ruang berjalan yang memadai di sekitar kamar tidur.

Tingkatkan penyimpanan vertikal dengan memasang lemari dari lantai ke langit-langit, dan jika ada ruang yang sempit, Anda bahkan dapat mengintegrasikan lemari dengan lemari.

Selain itu, pertimbangkan memilih furnitur rendah untuk memberikan kamar tidur tampilan yang lebih tinggi dan lebih luas.

2. Cahaya alami 

Gunakan jendela besar untuk memungkinkan banyak cahaya alami masuk ke ruangan dan ciptakan koneksi indoor-outdoor.

Baca juga: 4 Tips Membuat Suasana Kamar Tidur ala Hotel Bintang Lima

Gabungkan permukaan cermin di dinding atau pintu lemari pakaian karena cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi ruang yang lebih besar.

Untuk tampilan yang trendi, pertimbangkan lemari kaca berlapis untuk permukaannya yang berkilau dan sangat reflektif yang memberikan elemen ringan pada dekorasi kamar tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com