Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kegunaan Tepung Maizena untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 01/02/2022, 13:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terdapat beragam bumbu dapur, bahan makanan, dan bahan pembuat kue yang kerap dimanfaatkan sebagai produk pembersih rumah.

Jika biasanya kamu hanya mengetahui manfaat dari soda kue, cuka, atau mayones, ada bahan makanan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah, yaitu tepung maizena.

Melansir Taste of Home, Selasa (1/2/2022), terdapat beberapa manfaat dari tepung maizena sebagai produk pembersih rumah. Apa saja?

Baca juga: 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka Putih

Membuat perak mengilau

Sendok dari perak bisa dikilaukan kembali dengan bantuan susu.PIXABAY/WIKIIMAGES Sendok dari perak bisa dikilaukan kembali dengan bantuan susu.

Apabila peralatan rumah berbahan perakmu telah kehilangan kilaunya, buatlah pasta sederhana dari campuran air dan tepung maizena.

Gunakan kain lembap untuk mengambil pasta tersebut, kemudian oleskan pada peralatan berbahan perak. Diamkan hingga mengering dan gosok pakai kain lembut lainnya.

Menghilangkan percikan minyak di dinding

Sejago apa pun kamu memasak, tidak dapat dipungkiri bahwa bahan makanan yang digoreng akan menghasilkan cipratan minyak yang menempel di dinding.

Untuk menghilangkan noda percikan ini, taburi kain lembut dengan tepung maizena. Kemudian, gosok noda secara perlahan sampai hilang.

Baca juga: Ragam Cara Membersihkan Rumah Pakai Krim dan Busa Cukur, Apa Saja?

Menyerap residu semir furnitur

Setelah menyemir furnitur guna menjaga kilaunya, terkadang ada residu yang masih menempel pada permukaannya. Bersihkan dengan cara menaburkan tepung maizena, kemudian lap menggunakan kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com