Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 12:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah merawat tanaman dengan sebaik-baiknya, tetap saja seringkali masalah muncul. Termasuk di antaranya penyakit yang menyerang tanaman.

Salah satunya adalah embun tepung. Penyakit ini mengacu pada sekelompok jamur yang muncul sebagai lapisan putih tepung pada tanaman, terutama saat kelembaban tinggi.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (18/4/2021), embun tepung biasanya tidak membunuh tanaman, tetapi dapat melemahkan dan menyebabkan pertumbuhan, serta hasil yang buruk. Menjaga tanaman tetap sehat akan membantu meminimalkan kerusakan, tetapi terkadang Anda membutuhkan bantuan fungisida.

Baca juga: Tangani Penyakit Embun Tepung pada Tanaman dengan Pestisida Buatan Sendiri

Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan bahan kimia. Untuk membasmi embun tepung, coba semprotan susu.

Kapan harus menggunakan semprotan susu untuk membasmi embun tepung?

Susu bekerja paling baik sebagai tindakan pencegahan daripada sebagai obat. Ini berarti Anda idealnya menerapkannya pada awal cuaca hangat dan lembab sebelum embun tepung muncul di tanaman Anda.

Melalui pengalaman, Anda mungkin sudah mengetahui waktu dalam setahun ketika penyakit itu kemungkinan besar akan muncul.

Semprot tanaman yang rentan segera setelah kondisi jamur utama muncul atau ketika dedaunan mulai menunjukkan tanda-tanda jamur. Jika kondisi lebih baik daripada sebelumnya dengan embun tepung, Anda bisa cukup yakin cara ini memiliki efek positif.

Baca juga: Simak, 9 Pertanyaan Umum Tentang Hama Tikus di Rumah

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • Botol semprot atau penyemprot tanaman
  • Susu
  • Air

Cara membuat semprotan susu untuk membasmi embun tepung

1. Isi botol semprot

Kebanyakan ahli menyarankan untuk menggunakan campuran dengan rasio 40:60 susu dan air. Tetapi Anda mungkin ingin bereksperimen dengan rasio yang berbeda untuk menilai keefektifannya.

Campur larutan susu dalam botol semprot pompa biasa. Untuk aplikasi besar, Anda bisa memasukkan larutan ke dalam penyemprot taman.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com