Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kegunaan Tepung Maizena untuk Membersihkan Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Terdapat beragam bumbu dapur, bahan makanan, dan bahan pembuat kue yang kerap dimanfaatkan sebagai produk pembersih rumah.

Jika biasanya kamu hanya mengetahui manfaat dari soda kue, cuka, atau mayones, ada bahan makanan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah, yaitu tepung maizena.

Melansir Taste of Home, Selasa (1/2/2022), terdapat beberapa manfaat dari tepung maizena sebagai produk pembersih rumah. Apa saja?

Apabila peralatan rumah berbahan perakmu telah kehilangan kilaunya, buatlah pasta sederhana dari campuran air dan tepung maizena.

Gunakan kain lembap untuk mengambil pasta tersebut, kemudian oleskan pada peralatan berbahan perak. Diamkan hingga mengering dan gosok pakai kain lembut lainnya.

Menghilangkan percikan minyak di dinding

Sejago apa pun kamu memasak, tidak dapat dipungkiri bahwa bahan makanan yang digoreng akan menghasilkan cipratan minyak yang menempel di dinding.

Untuk menghilangkan noda percikan ini, taburi kain lembut dengan tepung maizena. Kemudian, gosok noda secara perlahan sampai hilang.

Menyerap residu semir furnitur

Setelah menyemir furnitur guna menjaga kilaunya, terkadang ada residu yang masih menempel pada permukaannya. Bersihkan dengan cara menaburkan tepung maizena, kemudian lap menggunakan kain.

Karpet merupakan salah satu benda yang rawan terkena noda. Mulai dari noda krayon, makanan tumpah, anggur merah, bahkan tinta.

Jika karpet sudah bernoda, buatlah pasta dari susu dan tepung maizena. Oleskan pada noda, diamkan selama beberapa jam hingga mengering, usap residu pastanya hingga bersih.

Mengangkat noda hangus di pakaian

Terkadang, ada saja momen yang membuatmu terlalu lambat menggerakkan alat setrika. Mungkin kamu menyambi kegiatan menyetrika pakaian sambil mengobrol, atau melakukan hal lain.

Pada akhirnya, pakaian memiliki noda hangus yang mengganggu. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena noda gosong dapat diangkat dengan tepung maizena.

Caranya adalah dengan membasahi noda gosong, tutupi dengan tepung maizena, diamkan hingga mengering, lalu usap residunya hingga bersih. Noda gosong akan menghilang.

Membuat karpet menjadi wangi

Salah satu cara untuk membuat ruangan menjadi lebih wangi adalah dengan membuat karpet menjadi wangi.

Sebelum menyedot debu pada karpet, taburkan sedikit tepung maizena pada permukaannya. Diamkan selama 30 menit, lalu sedot debu seperti biasa.

Membasmi kecoak

Sebagian orang merasa geli dengan kecoak, sehingga mereka akan melakukan banyak cara untuk membasminya dari rumah.

Kamu bisa membasmi kecoak tanpa membunuhnya, yakni dengan mencampurkan 50 persen plester Paris dan 50 persen tepung maizena.

Selanjutnya, taburkan campuran ini pada celah-celah tempat kecoak muncul atau lalu-lalang.

Mengutip Britannica, plester Paris adalah plester gipsum yang terdiri dari bubuk putih halus (kalsium sulfat hemihidrat) yang mengeras saat dibasahi dan dibiarkan kering.

Membersihkan kaca jendela

Jika ingin membersihkan kaca jendela tanpa menampilkan noda garis setelah dilap, gunakan 2 sendok makan tepung maizena, setengah cangkir amonia, dan setengah cangkir cuka putih.

Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah yang berisi sekitar 2,8 sampai 3,7 liter air. Aduk dengan rata dan masukkan campuran ke botol semprot.

Selanjutnya, semprot pada kaca jendela, bilas dengan air hangat, dan lap dengan kain yang tidak memiliki serat atau tisu dapur.

Membersihkan boneka

Sebagian besar anak-anak gemar bermain dengan boneka. Untuk menjaganya tetap bersih, gosok sedikit tepung maizena pada boneka. Kemudian, diamkan selama lima menit sebelum dibersihkan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memasukkan boneka ke dalam kantung, taburi dengan tepung maizena, tutup kantung dengan rapat, goyangkan hingga tepung menutupi seluruh permukaan boneka, dan bersihkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/01/131700276/8-kegunaan-tepung-maizena-untuk-membersihkan-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke