Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/01/2022, 09:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah cukup lazim diketahui bahwa rumah menghadap barat adalah feng shui buruk. Orang biasanya menghindar dari membeli rumah yang menghadap ke barat.

Hal ini terutama berlaku di daerah yang menghadapi panasnya matahari sore menjelang terbenam sepanjang tahun. Lebih parah lagi jika ruang tamu atau kamar tidur terkena langsung sinar matahari terbenam karena panas yang terakumulasi membuat orang tidak nyaman.

Namun demikian, sebenarnya mengapa rumah menghadap barat tidak bagus menurut feng shui? Dikutip dari Feng Shui Beginner, Senin (31/1/2022), berikut beberapa alasannya.

Baca juga: 6 Tips Mengundang Feng Shui Baik ke Rumah Lewat Kulkas

 

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaUnsplash/Minh Pham Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia

1. Peningkatan tingkat keausan

Dalam waktu lama, furnitur, gorden, dan lantai rumah akan memudar di bawah pengaruh kuat sinar ultraviolet dan sinar matahari.

2. Peningkatan biaya

Panas matahari meningkatkan suhu rumah, menghasilkan tingkat penggunaan peralatan dalam ruangan yang lebih tinggi, seperti lemari es dan konsumsi AC yang lebih tinggi. Semua ini akan meningkatkan tagihan listrik.

3. Ketidaknyamanan menyebabkan ketidakharmonisan

Anggota keluarga yang tinggal di rumah menghadap barat mudah marah, sehingga dapat mempengaruhi hubungan. Dalam jangka panjang dapat memengaruhi kondisi kesehatan emosional dan fisik.

Baca juga: Tips Feng Shui untuk Meletakkan Tempat Tidur di Kamar Sempit

4. Ventilasi angin buruk

Dalam situasi seperti itu, rumah memiliki ventilasi angin yang lebih buruk, dibandingkan dengan rumah yang menghadap ke Utara Selatan.

Kesimpulannya, yang terbaik adalah memasukkan orientasi rumah sebagai salah satu kriteria pemilihan untuk memilih rumah baru. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan faktor eksternal dan internal saat berburu rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com