Kompas.com - 20/01/2022, 18:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendinginkan ruangan tak selalu menggunakan air conditioner atau AC. Anda dapat menggunakan air cooler untuk menyejukkan dan mendinginkan ruangan.

Air cooler mempunyai bentuk yang lebih kecil dan bisa dipindahkan ke ruangan atau tempat yang membutuhkan. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan air cooler dibanding AC. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Air Cooler Bekerja Lebih Efektif 

Namun, untuk menjaga air cooler bekerja efektif, penting untuk membersihkan dan merawatnya secara rutin. Selain itu, membersihkan air cooler dapat mencegah berkembang biaknya jamur atau bau apek.

Sebetulnya, permasalahan jamur dan bau dapat diatasi dengan melakukan beberapa langkah pembersihan. Filter dan tangki air menjadi bagian dari air cooler yang membutuhkan perhatian serta perlu dibersihkan secara teratur.

Air cooler harus benar-benar dikuras setidaknya sekali seminggu dan filter harus dilepas, dicuci, dan dikeringkan di udara pada waktu yang sama.

Nah, melansir dari My Home Climate, Kamis (20/1/2022), berikut cara membersihkan air cooler agar bebas bau dan jamur.  

Baca juga: AC Vs Air Cooler, Apa Bedanya? 

Ganti filter 

Ilustrasi air cooler.SHUTTERSTOCK/MAYNATURE Ilustrasi air cooler.
Penting untuk mengganti filter air cooler dengan yang baru setidaknya setahun sekali, tetapi untuk perawatan rutin disarankan untuk membersihkannya seminggu sekali.

Cara paling menyeluruh dan aman untuk membersihkan filter air cooler adalah  menggabungkan air dan cuka dengan perbandingan 50-50.

Kemudian, rendam atau bilas filter dalam campuran tersebut untuk mendisinfeksi dan menghilangkan bau. Setelah itu, bilas filter dengan air dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke air cooler.

Jangan kembalikan filter ke dalam air cooler sampai tangki air bersih dan siap dipasang kembali. 

Baca juga: 4 Pilihan Air Cooler, Harga di Bawah Rp 500.000

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.