Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Peralatan Utama yang Wajib Dimiliki Ruang Kerja di Rumah

Kompas.com - 20/01/2022, 12:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, lebih banyak dari kita yang bekerja dari rumah daripada sebelumnya. Tak heran, banyak pemilik rumah yang kini menyulap salah satu ruangan di hunian mereka menjadi ruang kerja.

"Cukup mengejutkan, 60 persen dari kita yang bekerja dari rumah tiga hari atau lebih dalam seminggu berjuang dengan itu," kata desainer interior dan bintang Queer Eye, Bobby Berk, kepada My Domaine, Kamis (20/1/2022), mengutip survei dari Paypal. 

Baca juga: 7 Trik Membuat Ruang Kerja di Rumah Terlihat Mewah Menurut Ahli

Selain itu, kata Berk, 40 persen dari orang-orang itu berdebat tentang anggaran—tentang pekerjaan dari rumah—dengan pasangan atau teman sekamar, bahkan anak-anak mereka.

Itu sebabnya Berk bermitra dengan Paypal untuk membantu orang-orang menata kembali ruang kerja mereka tanpa merusak keuangan.

Karena itu, Berk merekomendasikan lima peralatan utama yang harus dibeli untuk ruang kerja di rumah agar tetap produktif. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Ruang Kerja di Rumah Lebih Personal dan Nyaman 

Belanja headphone peredam kebisingan 

Ketika ruang kerja di rumah terdengar seperti denah lantai kantor terbuka, inilah saatnya untuk berinvestasi dalam beberapa headphone baru.

"Saran pertama saya adalah headphone peredam bising karena meski dapat menutup pintu dan mengabaikan semua orang di rumah, Anda setidaknya dapat melakukannya dengan headphone peredam bising, "ucap Berk. 

Baca juga: Tips Merapikan Ruang Kerja ala Feng Shui untuk Kemajuan Karier

Temukan meja berfungsi ganda 

Ilustrasi ruang kerja di rumah.UNSPLASH/HUTOMO ABRIANTO Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Berk menyarankan memilih meja yang memiliki banyak fungsi. Jika ruang kerja berukuran kecil dan tidak dapat memuat meja dengan banyak laci, ia merekomendasikan meja dengan bagian atas yang dapat diangkat untuk menyediakan banyak ruang penyimpanan di dalamnya.

Selain itu, temukan meja yang dapat digunakan di tempat lain di rumah seperti meja konsol yang sangat cocok untuk pintu masuk Anda.

"Dengan begitu, ketika kita kembali ke kantor dan kita tidak bekerja dari rumah, itu bukan perabot yang tidak benar-benar digunakan di rumah dan kemudian hanya merusak pemandangan," Berk menjelaskan. 

Baca juga: 8 Ide Ruang Kerja di Rumah yang Nyaman, Bikin Semangat

Tambahkan kursi yang nyaman

Kursi yang ergonomis bisa membuat semua perbedaan. Cobalah menemukan kursi yang mendukung postur tubuh dengan baik, yaitu kaki bertumpu rata pada lantai dan tulang belakang bagian bawah Anda ditopang. 

"Itu tidak harus berupa kursi meja yang jelek, tetapi Anda membutuhkan sesuatu yang akan membantu punggung," kata Berk.

Berk mengatakan beberapa temannya baru-baru ini pergi ke fisioterapis karena kursi yang salah telah mengacaukan kesejajaran pinggul mereka. 

Baca juga: 5 Tips Ruang Kerja yang Bikin Betah dan Nyaman

Berinvestasi pada pencahayaan yang baik 

Ilustrasi ruang kerja di rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Pencahayaan tugas yang cerdas (bukan hanya pencahayaan di atas kepala) adalah kunci meningkatkan produktivitas dan penampilan terbaik Anda saat melakukan Zoom meeting. 

"Semakin baik pencahayaannya, semakin baik penampilanmu," ucap Berk. 

Berk merekomendasikan untuk membeli lampu cincin atau lampu meja dengan naungan kain yang akan menyebarkan cahaya secara merata ke wajah Anda. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang Kerja di Rumah

Jangan lupakan kabel ekstensi

Soket ekstensi atau kabel ekstensi adalah kebutuhan mutlak untuk memastikan semua teknisi berjalan baik sehingga bekerja bisa efektif serta tanpa hamabatan. 

"Satu hal yang benar-benar mengganggu saya di awal bekerja dari rumah adalah kabel. Saya keluar dan mendapatkan colokan listrik besar dengan port USB di dalamnya serta colokan sehingga semua kabel saya tetap di satu tempat dan saya tidak tersandung," ungkap Berk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com