Kompas.com - 20/01/2022, 07:14 WIB
Ilustrasi daun bambu. PIXABAY/VASUDEVAN KUMARIlustrasi daun bambu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bambu memiliki banyak manfaat. Semua bagian tanaman bambu dapat dimanfaatkan, mulai dari akar, batang, hingga daunnya.

Salah satu manfaat tanaman bambu adalah daunnya dapat digunakan sebagai media tanam.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (20/1/2022), banyak para pencinta tanaman hias mengalami kegagalan dalam pertumbuhan tanaman hiasnya, seperti tanaman tumbuh kerdil, busuk akar, hingga daun keriting atau kering.

Baca juga: Simak, Cara Membuat Media Tanam untuk Isian di Polybag

Ilustrasi daun bambu. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi daun bambu.

Media tanam merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan tanaman hias. Banyak toko bunga atau toko tanaman yang menggunakan media tanam tanah yang dicampur dengan sekam.

Media tanam ini memang bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik,tetapi setelah tanaman dibawa pembeli ke rumah, tanaman banyak yang tidak berkembang bahkan mati.

Untuk membuat media tanam dari daun bambu, gunakan daun bambu yang kering, dicacah, dan dibuang ranting-rantingnya. Ini agar daun cepat lapuk bisa dilakukan fermentasi dahulu dengan disiram dengan bakteri fermentasi.

Setelah daun sedikit melapuk letakan didalam pot, untuk aplikasi disesuaikan dengan jenis tanaman.

 

Baca juga: 6 Tanaman yang Bisa Ditanam Menggunakan Media Tanam Air

Untuk tanaman hias deviin atau jenis berdaun bisa menggunakan 100 persen media daun bambu tanpa tanah sama sekali.

Berdasarkan penelitian, daun bambu banyak mengandung banyak nutrisi bagi tanaman, di antaranya nitrogen, fosfor, dan potasium. Selain itu, daun bambu mengandung unsur zinc dan magnesium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.